Studio Mini itu

Yang sederhana pun bisa menghasilkan yang hebat. Baca deh buku ini.

studio mini

Saya punya kamera digital kacangan, Nikon Coolpix 5200. Selama ini saya memakai kamera ini hanya berpanduan buku yang diberikan oleh penjual. Saya tidak mempunyai referensi lain. Untunglah kemarin Paman Tyo mengirimkan sebuah buku mungil berjudul Bikin Mini Studio Sendiri (foto cover, 687kb, JPG). Buku yang dibandrol Rp22.500 ini sungguh hebat. Serentetan tips dan trik bagaimana membuat studio foto mini dibahas tuntas dalam 9 bab, 112 halaman.

Buku ini dibuka dengan sebuah pendahuluan kira-kira bagaimana bentuk studio mini sederhana yang akan kita buat berdasarkan panduan dari buku ini. Kalau Anda seorang blogger yang sering ceprat-cepret dengan kamera digital sederhana, pasti Anda langsung terpesona dengan halaman pembuka ini. Apalagi jika Anda kemudian membuka halaman-halaman berikutnya. Bahan-bahan pembuat studio mini dibahas satu per satu, lengkap dengan spesifikasi bahan dan harganya. Dari mulai kardus bekas, berbagai macam jenis kertas yang akan dipakai, lampu-lampu, tripod dan lain-lain. Langkah-langkah membuat studio pun diulas dengan cermat, hati-hati dan mendalam. Pokoknya pepak bin lengkap, deh.

Selain itu buku ini juga menghadirkan bab yang membahas tentang berbagai kamera digital saku yang beredar di Indonesia. Masing-masing fungsi dan fitur kamera kacang ini dibahas. Tidak bertele-tele, memang. Tapi, cukuplah bagi kelas pemula seperti saya. Nah, bagi yang sudah mempunyai kamera kelas DSLR, buku ini pun membahasnya sekelumit.

Yang paling menarik dari buku ini adalah bagian tip dan trik memotret menggunakan kamera digital di studio mini yang kita bangun. Ada tips memotret segarnya kaleng minuman agar tampak lebih dinginnnn dan fresssssshhh. Ada juga tip memotret benda agar tampak terbang melayang. Wah, pokoknya asyik deh. Total ada 15 tip yang dibahas. Komplet lah…

Nah, bagi yang ingin berbisnis dengan kamera digital pun ada penjelasannya di sini. Pengin tahu bagaimana caranya membuat photobox seperti yang ada di mall-mall itu? Atau bagaimana membuat kios foto cetak? Nah, buku terbitan KomputerAktif ini adalah sumber yang paten, lengkap dengan perkiraan biaya dan harga alat-alatnya. Wow, hebat, khan?

Buku ini ditutup dengan dua halaman berisi jargon-jargon yang berhubungan dengan dunia cetak-mencetak digital. Dijamin Anda akan merasa jadi ahli setelah membaca buku mungil ini. Buku ini keliatannya wajib dibaca oleh blogger yang punya kamera digital. Highly Recommended, lah..

Catatan:
Foto di lema ini belum mempraktikkan tips dan trik yang ada dalam buku hebat itu. Jadi, harap maklum ya.
Telah terbit juga buku berjudul Bikin Situs Komunitas – Cepat dan Gampang dengan PHP Nuke. Keliatannya juga perlu dibaca nih…

20 thoughts on “Studio Mini itu

  1. Telah terbit juga buku berjudul Bikin Situs Komunitas – Cepat dan Gampang dengan PHP Nuke. Keliatannya juga perlu dibaca nih…

    membaca yang tersirat dari pesan di atas. ;))
    *ngakak*

  2. kelihatannya emang menarik, kemarin nemuin pas di gambir, cuma 22.5rbnya bikin mikir2 juga buat buku setipis itu… *beda urusan kalo dikasih bukan? :)

  3. Iya nih, Mas Puji iklan aaaaah.

    Tapi aku setuju. Aku juga udah pernah baca buku itu (dapet gratis juga, huhuhu) dan for those self-acclaimed geekies and proud of it, this is highly recommended.

    =))

  4. Pingback: blogombal : catatan ringan angin-anginan » Blog Archive » Memotret Gowok

  5. Pingback: Benny Chandra dot com

  6. Pingback: How underage japanese porn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s