Si Kidal itu

8-15% warga dunia bertangan kidal.

left handed

Tahukah Anda apa kesamaan antara Osama bin Laden dan George H.W. Bush? Tidak usahlah kita ngomongin politik sekarang. Ternyata kedua-duanya adalah sama-sama orang kidal.

Saya punya teman yang bertangan kidal. Dia lebih sering menggunakan tangan kirinya untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Dia memang warga minoritas dunia yang sebagian besar bukanlah kidal. Teman ini adalah bagian dari 8-15 persen penduduk dunia yang bertangan kidal. Untuk menulis, menyuapi anaknya, memasak, dan berias dia menggunakan tangan kiri. Sementara itu tangan kanannya digunakan untuk melakukan hal-hal yang, menurut kita, lebih layak digunakan oleh tangan kiri. Memang, dunia ini lebih memandang tangan kanan sebagai tangan baik, dan tangan kiri sebagai tangan yang tidak sopan. Duh..

Si kidal teman saya itu tidak tahu mengapa dia menjadi kidal. Seingatnya, sejak dari kecil dia memang lebih aktif menggunakan tangan kiri daripada tangan kanannya. Sampai sekarang memang dia tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam kehidupan sehari-hari. Hanya ada beberapa barang saja yang memang didesain untuk orang “normal”.

Di Jepang, si kidal ini bercerita, seorang pria akan lebih memilih wanita yang bukan kidal. Jika si pria ini baru mengetahui bahwa istrinya bertangan kidal, bisa-bisa wanita ini akan diceraikannya. Ini mungkin cerita jaman dahulu. Bagaimana jaman sekarang? Saya tidak tahu. Si kidal pun menggeleng ketika saya tanyakan kebenarannya sekarang.

Ada yang punya teman yang bertangan kidal? Atau Anda bertangan kidal? Apa yang menarik dari orang kidal?

40 thoughts on “Si Kidal itu

  1. adik saya kidal, temen serumah waktu kuliah juga kidal, candaan paling bagus kalau lagi main tenis meja, pasti dia ngomong: “pake tangan kiri aja gw menang apa lagi pake tangan kanan :p”

  2. Sejak SMA saya sudah menggunakan tangan kiri sebagai “alternatif” dimulai dengan menulis tentunya. Biarpun tidak secepat tangan kanan tapi kadang tulisan saya masih lebih baik dari beberapa teman saya. Sekarang saya memakai tangan kiri untuk memegang mouse.

  3. Saya bertangan kidal. Dulu waktu masih di SD, sampai kelas empat saya masih menulis pake tangan kidal. Tapi karena saya hidup di negara di mana kidal tidak dianggap sopan, guru saya menyuruh saya belajar menulis pake tangan kanan. Dengan sedikit berjuang, akhirnya bisa.

    Tapi enaknya, saya bisa menulis menggunakan kedua tangan saya! Capek pake tangan kanan, ganti tangan kidal. Tapi kalo dari segi hasilnya, kayaknya tulisan hasil tangan kidal saya lebih bagus deh. Hasil tulisan tangan kidal lebih cocok dipaket buat bikin resep dokter.

    Namun, untuk sehari-hari, saat berolahraga, mengangkat barang dan lain2, saya hanya menggunakan tangan kidal.

    Tapi saya hepi kok pake tangan kidal. Pasalnya, secara alami orang kidal terbiasa menggunakan otak kanannya…

    Oh, sebagai bahan bacaan, saya pernah posting soal fenomena tangan kidal ini di theGadget 2 Juli 2004 lalu.

    Judulnya:

    Si Kidal di Dunia Serba Kanan

  4. Menulis dengan tangan kidal tidak disarankan. Bukan karena tidak baik, tetapi para guru yang mengajarkan belum siap bagaimana mengajarkan posisi menulis yang baik untuk orang bertangan kidal (rata-rata mereka akan menulis dengan arah melingkar, dan sering punya problem kesehatan di pundah atua punggung kiri nantinya).

    Oleh karena itu, kalau ingin tetap kidal, maka cara menulis juga harus diperhatikan sehingga tidak salah dan menganggu nantinya. Anak saya juga punya kecenderungan kidal. Justru itu mulai tanya-tanya.

  5. Saya kidal juga.

    Dulu waktu kecil sih sering diledekin teman-teman sekolah.

    Tangan cebok!

    Kenapa yah mereka seperti itu, untung saya bisa cuek aja. Tapi dulu ada satu teman perempuan satu sekolah, yg kidal juga, dan sering dikatain juga, kasihan dia sampai sering nangis.

  6. Dari enam bersaudara, tiga orang kidal. Menurut pengamatan sepintas saya, proporsi kidal di orang Bugis dan Bali relatif lebih besar dibandingkan suku-suku lain di Indonesia.

  7. temen yang kidal banyak, tapi yang gak pernah liat itu yang pake mouse dengan settingan ‘left-handed’, mouse di sebelah kiri keyboard. semuanya pake mouse pake tangan kanan.

  8. for me i like lefty person. they seem more creative and they look cute when writing using left hand..

    but i myself, right-handed!! :p

    yeah, there’s sum things that designed only for right-handed ppl! so unfair meih

  9. saya ini ngga kidal sebenernya… tapi kalau urusan kaki itu beda sama orang yang tidak kidal….

    misal kalau maen lompat tapi gitu saya ga bisa gerakin kaki kanan dulu untuk melompat…tapi kaki kiri saya yang lompat dulu

  10. I go with shambie adzhan, lefty-handed people does look cute when writing using their left hand. As for my case, I’m righty all the way but would love to be able to write with my left hand once in a while. But my daughter has strong tendency to be the lefty tho’ — still don’t know if I have to complain or be grateful about this.

  11. Anak saya punya kecenderungan kidal, kalo ada minta informasi se-banyak2nya tentang si kidal ini yaaaa….oh ya apa saya gak salah alamat yaaaa……….masalahnya anak saya yg kidal ini cewe’ cantiq lagiiii…………….
    sebenarnya sih saya udah bisa menerima, tapi takutnya nanti ketika dia beranjak agak besar, menjadi bahan tertawaan teman2nya………………tolong dong. Trims…matur suwun sekali.

  12. kidal atau tidak bukan penentu moral seseorang bukan?

    Paman saya kidal, tp dr kcl dipaksa menggunakan tangan kanan oleh gurunya…. apa yang terjadi… sekarang dia menjadi lambat dalam berpikir dan terkesan klemar-klemer….alias kurang sigap….

    jadi para orang tua bila anak kita kidal biarkan dia berkembang apa adanya…
    mari kita wujudkan dunia yang lebih baik dengan menciptakan anak2 yang mampu berkreasi apa adanya tanpa paksaan….

    saya juga bercita2 anak saya bertangan kidal… unik bgt…

  13. Saya terlahir jadi seorang kidal, tapi hanya utk menulis saja, wa juga ngak tau kenapa bisa kidal, mungkin tangan kiri saya lebih kuat dibanding tangan kanan

    ya pertama kali belajar mengunakan tangan kanan tapi apa daya sampe sekarang tetap kidal

    saya pernah baca penelitian kalau orang kidal lebih banyak menggunakan otak sebelah kiri dari pada otak kanan (CMIIW) berlawanan dengan orang dengan tangan kanan

  14. jangan pernah merubah anak kidal jadi kanan, itu sama aja memaksa anak kanan jadi kidal. anak kidal punya banyak kelebihan jika dibebaskan berekspresi. tolng para orang tua dan guru memahami ini.cuman kalo salah penanganannya dia bisa jadi orang paling stress di dunia. kurt cobain, jimmy hendrix,

  15. waktu sma, aku kepilih jadi sekretaris kelas, tiba2 putusan itu dibatalkan! alasannya, karena aku kidal!!! temen2 takut kalo aku nulis di papan tulis nanti, itu papan aku miringin 90 derjat, karena kalo nulis di buku, bukunya aku miringin 90 derjat!!!
    hmmm bikin ati kecewa…
    nah serunya nih, aku jadi pusat perhatian kalo nulis. dimana aja deh, kalo nulis orang2 pasti liat ke aku… mungkin karena aku tinggal di indonesia kali ya, di negaranya george bush sona mah lazim aja atuh..

  16. orang kidal ni sebenarnya banyak kelebihannya…
    sbbnye..diorang memang istimewa..
    cube bayangkn,dlm dunia sekarg yg semua benda dicipta untuk orang tangan kanan,tapi orang kidal still blh teruskn hidup dgn jayanya..
    orang kidal jugak spesel sebab diorang boleh guna barang yg dicipta khusus untuk orang tangan kanan tanpa perlu diajar dan tanpa perlu dibantu..
    cthnya,gunting,kalau dah terdesak sangat,terpaksalah seyh gune gunting org tgn kanan untuk potong kertas..
    takkan nk pegi kedai beli pulak..
    hasilnya,berjaya je kertas tu terpotong..
    hehe..lg,satu,pernah dengar org kidal mati sbb x sanggup nk hidup kt ats dunia ni sbb x blh nk gunakan semua alat2 ciptaan untuk org tgn kanan??
    x adakan..hehe
    org kidal memang tabah!
    yo left-handeds!
    u r so special!=p

  17. saya kidal dan akhir2 ini sangat bangga akan hal itu.
    menurut ibu saya, kidal saya diturunkan oleh ne2k ke saya dan ka2k.
    waktu kecil saya sering diolok2 dan sering merasa minder karna merasa tidak dapat menggunakan tangan kanan saya sebaik menggunakan tangan kiri.

    tapi sekarang saya merasa ke-kidalan saya kok berkurang yah :(( yang dulunya menggambar menggunakan tgn kiri, sekarang malah agak sulit dan terbiasa menggunakan tangan kanan. yg dulunya menulis tangan kiri sekarang juga mulai terbiasa tangan kanan.

  18. gw kidal, so what ?. ummmm gak enaknya…kalo ujian bangku mejanya di sebelah kanan ! :( jadi capek de kalo nulisnya panjang. Terus pertanyaan paling membosankan adalah “kamu kidal ya ? makannya pake tangan apa dong ?”

  19. wehehe. waktu kecil susah bedain kiri sama kanan. gara2 itu mungkin aku jadi kidal. bagaimana dengan anda? dan lagi waktu liat kidal lain nulis perasaan agak aneh, soalnya kebiasaan liat orang lain nulis pake kanan, padahal sendiri kidal.

  20. hey boleh gabung nee

    aku dari kecil g kidal sampe pada kelas 2 sma aku maen bola disuruh keposisi kiri awalnya aku kesusahan tapi lama2x malah jadi enjoy dan sekarang malah klo aku maen bola jadi kidal dan ternyata permainan sepakbolaku lebih bagus dari saat aku maen pake kaki kanan.kok bisa y??

    truz klo sering melakukan pekerjaan dengan tangan kanan aku sering migrain di otak kiri.truz aku coba ngelakuin semuanya pake tangan kiri eh ternyata aku enjoy bgt dan g sering pusing2x lagi bahkan klo aku menulis tulisanku lebih bagus pake tangan kiri soalnya tulisan tangan kananku jelek bgt jadi q seneng bgt.gmna bs gt y??

  21. Anak kami saat ini berumur 4 tahun, dan ternyata setelah kami amati dia lebih effektif dan suka menggunakan tangan kidal dan tidak senang kalau diminta mengganti dengan tanggan kanan, bagi yang memiliki pengalaman dan informasi seputar masalah “kidal” mohon bantuan untuk mengirimkannya kepada kami.

    Terima kasih yg tak terhingga.

  22. Saya kidal, tapi karena keadaan yang kadang “memaksa” untuk tidak kidal, maka beberapa hal saya lebih sering menggunakan bagian kanan tubuh, misalnya menulis dan makan. Tapi tetep kalo pekerjaan yang membutuhkan kekuatan, ketelitian, kecermatan, atau hal sulit, saya tetap harus menggunakan tangan kiri, misalnya saja mengangkat barang, atau bermain gitar.

  23. Katanya orang kidal cenderung lebih menarik dan ganteng kalo cowok…itu menurut saya lho…yang juga kidal huehueheuheu…
    tangan kanan hanya digunakan kalo makan dengan tangan, gak mungkin kan makan dengan tangan pake tangan kiri…yang lain kalo pake gunting, karena gunting memang didesain untuk orang kanan. Saya arsitek, menggambar juga pake tangan kiri. Katanya gambar saya lumayan. Susahnya dulu mesin gambar harus pake yang kidal, mahal harganya. Untung sekarang sudah ada CAD.Main gitar juga kidal…dulu minder tapi sekarang merasa keren hueheuhue…salam kenal

  24. aaaaaaaaaargggggggghhhhhhhhhh….cerita di jepang itu bikin emosi deh :( sedih….

    walo begitu, dlm hati, benernya bangga banget lg, jd kidal itu.
    soale, kita BERBEDA. dan berbeda itu asyik, keren, lain drpd yg lain.
    we’re special ^^

  25. Saya tdk kidal tpi saya ingin kidal,jdi setiap hari saya berlatih menulis,maen gitar dan lain-lain akhirx saya kidal,jga ahh.bangga deh rasanya

  26. saya orang kidal juga,saya ni cukup tertarik dengan perempuan kidal…kalau setiap kat mane-mane2 pun kalau nengok diorang tulis mesti sudah cepat jatuh cinta!apa masalah saya ni?

  27. aku juga kidal. Dulu waktu kecil aku sering nangis gara2 kekidalan aku. Ada guru yang resek bilang ke aku tangan kiri itu tangan setan, huh nyebelin. Gara2 itu aku ampe pengen banget jadi gak kidal. Tapi sekarang aku nyadar bahwa jadi kidal itu keren bgt. Cuman sedikit orang yang kaya kita. Tandany kita exlusif ato limited edition gitu hehe

  28. iah…kidal itu unik…Soalnya saya diantar semuanya kidall,,,,jarang jarang orang kidal lho

    haha,,,,saya tulisnya kayak anak kecil megang pena,,belom bisa gitu,,di gengam bukan ky biasa…sampe dibilang unik

    kata na si orang kidal itu pinter…haha

  29. aku prnh ktm seorang dktr yg blg kalo org kidal itu cerdas dan pny intelektual lbh tinggi.
    walaupun blm ada buktinya, tp tmn2 saya yg kidal memang hampir smua cerdas dan pinter…..

  30. Saya mengerjakan seluruh ujian semester pake tangan KIRI dengan hasil yang memuaskan…
    Apa lagi pake tangan kanan, wuuusss pastinya dengan mudah saya libas,,,,
    HIDUP KIDAL….

  31. Saya kidal waktu saya sd saya sering berantem dengan teman-teman dengan tangan kiri,saya tantangin tuh temen berani nggak pakai tangan kiri lawan saya mereka cuma bengong,dalam beberapa hal saya kidal tapi saya bukan kidal tulen

  32. gw jg kidal, sampe2 dulu pernah ngeles private biar bs pke tgn kanan..
    guru lesnya ga berhasil, dia bilang “puluhan anak saya ajarin, cuma dia yang susah.. ckckk” hahaha ;p
    n sampe skarng deh gw kidal (kidal full).. yah, harusnya c bangga.. jarang2 loh ;p

  33. Tangan saya gak kidal, cuma kaki saya kidal atau gak ya? Berapa kali nyobain enakan kanan, berapa kali juga nyobain enakan kiri
    yang bener yang mana nih? Ada temen tangannya gak kidal, tapi kakinya kidal, ada lagi tangannya kidal tapi kakinya normal/

    Oya ada pertanyaan, Kenapa orang kalo kidal di tangan, tangan kanannya masih bisa, sedangkan orang normal kirinya justru ancur. Tapi kalo Orang kidal di kaki, kaki kanannya kalo buat nendang bola ancur, tapi orang normal kaki kirinya tendangan bolanya masih bisa akurat bahkan mencetak gol!

    Ada yang bisa bantu jawab gak?

  34. Ikutan Share juga ya..

    Aku juga terlahir sebagai seorang left-handed. Dan aku ngerasa nyaman2 aja tuh sama sifat kidalku. Temen2ku juga gak mempermasalahin aku yang kidal. di keluarga jga cuman aku doank yg kidal.
    tapi, klo masalah nulis emank sich aku lebih ngandelin right hand. soalnya waktu aku masih kecil mereka ngebiasain aku nulis pake tangan kanan. tapi,tangan kiriku jga masih bisa dipake buat nulislah,cuman emank lebih bagus kalo aku nulis pake tangan kanan. tapi kalo urusan nggambar menggambar ( meskipun gak bagus2 amat,soalnya gak bakat. aneh kan,biasanya orang kidal jago gambar tapi aku nggak ) jelas aku make tangan kiri,karena tangan kiriku paling bisa diandelin buat gambar.
    tugasnya tangan kananku ya cuman buat nulis or ngetik aja. cuman itu aja.
    kalo left handku sih fungsinya banyak,karena diluar kegiatan nulis n ngetik,aku selalu pake tangan kiri,mulai dari megang pisau ( motong2),ngambil sesuatu,pokoknya semualah,aku selalu pake tangan kiri. Sampe makan pun aku kidal ( tapi kalo tempatnya gak memungkinkan pake tangan kiri,aku usahain makan pake tangan kanan,biar ngehormatin orang lain yang right-handed,tapi kalo orang lain itu bisa maklumin aku yang left-handed ya udah,acara makan pke tangan kiri tetep berlanjut ). Pokoknya all my activities always with left hand. Coz left hand is everything. Hahahaha… :D

    Aku juga ngerasa bangga banget jadi seorang yang left-handed. selain ama temen2 dapet sebutan unik,aku juga ngerasa seneng aja jadi seseorang yang beda dari yang lain. Karena menurutku BE MYSELF IS BETTER MORE THAN ELSE. Apalagi temen2 sering bilang “Koq bisa sih.” trus ada juga yang bilang “Ajarin dong,gimana caranya nulis pke tangan kiri.” Kalo udah gitu,hati rasanya seneng banget. Coz i’m different. And i’m very proud with myself :)
    Bangga juga punya ortu yang pengertian dengan sifat kidalku. :)

    Segitu aja deh aku share-nya. Thank’s.

  35. i’m Left HanDed.menurut saya orang kidal itu unik.ya karena saya merasakannya.
    SaYa juGa tidak MenGerti kenapa Saya bisa kidal. sejak saya kecil saya sudah terbiassa melakukan semua pekerjaan dengan tangan kiri .menulis, memegang benda, dan untuk makan pun saya menggunakan tangan kiri. bukan berarti saya tidak bisa menggunakan tangan kanan namun rasanya makan dengan tangan kiri lebih nikmat ..hahaha .. dari kecil banyak teman saya mengolok-olokkan saya. tapi saya cuek saja. saya teteap mempertahankan kekidalan saya.orang tua saya pun tidak pernah memaksa saya untuk merubahnya.
    jika pun teman selalu mengejek saya saya selalu bilang ” orang kidal itu ciri-ciri orang sukses ” hahaha ..
    dalam belajar saya lebih suka dan menyenangi pelajaran yang berhubungan dengan seni . dan umumnya teman-teman saya selalu menanyakan ide-ide saya tentang membuat sesuatu hal yang berhubungan dengan kreatifitas. oh ya, saya lebih cendrung senang dalam hal menulis.

Leave a Reply

