Password-password itu

Repotnya mengurus password-password.

password

Berapa password (kata sandi) yang Anda pegang dan harus diingat setiap saat. Mari kita hitung bersama-sama. Paling tidak, kita mempunyai kartu ATM yang berkorespondensi dengan PIN. Yah, PIN ini nyaris sama lah dengan password juga. Satu kartu, satu password. Berapa kartu yang Anda punya?

Kemudian, ada password untuk masuk ke LAN di jaringan komputer kantor. Ada lagi password email. Kalau emailnya 10, artinya ada sepuluh buah password juga. Selain itu masih ada password ke blog kita. Kalau punya 10 buah blog, artinya ada sepuluh password juga. hampir semua layanan internet yang bisa dikustomisasi sekarang mensyaratkan username dan password seperti Delicious, Digg, Reddit, Newsvine dan lain-lain.

Teman kantor saya mengeluhkan tentang password-password yang akhirnya membebaninya. Dia merasa kerepotan mengingat-ingat kata sandi yang dipilihnya sendiri. Yang paling kacau adalah ketika liburan panjang tiba. Tatkala masuk kantor lagi dan password harus dimasukkan, dia kelimpungan. Passwordnya terhapus dari memori otaknya. Duh, kasihan banget dia. Padahal, tidak mungkin khan yang namanya password ditulis di kertas?

Akhirnya, teman saya ini menyerah. Passwordnya sekarang seragam untuk semua layanan, dari mulai email, blog, pasword server, password jaringan, password screensaver. Semuanya sama, satu dan mudah diingat.

Sebenarnya kelakuan teman saya itu berbahaya juga. Tatkala sebuah password diketahui oleh orang lain, saat itu semua pintu terbuka. Bayangkan jika yang menemukan password itu adalah iblis yang baru keluar dari kerangkeng. Wah, ngeri, khan…

Sebenarnya dia sudah menyadari bahaya itu. Tapi, mau apa lagi? Berapa password yang Anda pegang? Ada yang punya saran bagaimana manajemen password yang benar dan mudah diingat? Tolong dong teman saya yang sedang pusing itu…

15 thoughts on “Password-password itu

  1. Password dasarnya satu aja. Semisal D0doL

    Nah, skr klo utk Yahoo Mail, passwordnya jadi D0doLy. Klo utk gmail jadi D0doLg. Pokoknya tinggal tambah satu atau dua huruf di belakang dari password dasar.

    Supaya polanya ga ketahuan, tinggal dimodifikasi dikit aja. Pokoknya intinya itu; satu passwd dasar, modifikasi tambahan huruf berdasarkan aplikasi.

  2. akur ma#2 cukup 1 passworrd (utama) dengan banyak variasi, misalnya dgn mengganti o=0, a=@ atau dengan menambah or ngurangin 1 or 2 karakter. tp pernah juga kelupaan yg di fs, untung cuman tinggal klik forgot password doang.

    biar ga lupa, mendingan (kalo gw) make nama orang laen misalnya tokoh fav ato malah nama mbah kakung hehehehe (jarang dikenal orang & pasti inget terus)

  3. Kalau cuma account-account gratisan di internet, atau account blog, saya sih seragam. Sebodo amat siapa yg mo ngehack.

    Kalo account kartu ATM, memang gw hapalin.
    Account yg penting lainnya, seperti akses ke production server juga gw hapalin. Meski itu lebih dari 10 karakter dan menggunakan paduan huruf/angka/kapitalisasi.. ya harus dihapal.

    Biaya menghapal jauh lebih murah ketimbang biaya kebobolan.

    Di ponsel2 yang lumayan baru, ada fitur “Code Memo”. Satu password, untuk nyimpen banyak account. Mending jangan digunakan. Sekali si pnsel dekat magnet, hilang semua tuh.

    Jadi ga ada jalan lain selain menghafal.

  4. Bikin aja 3 password. Password untuk hal-hal serius, cukup penting, sama nggak serius. Misalnya FS anda kategorikan nggak serius. Berarti passwordnya “anu”. Sementara email utama yang banyak rahasianya, pake password serius. Dst.. dst..

  5. Kalo di komputer dan internet, sebisa mungkin pake password seragam (tanpa dokumentasi cookies).

    Yg repot memang kalo pake kombinasi aksara-angka, seperti FTP atau sejenisnya. Jadi, menghapal saja, spt kata Andry :D

  6. aku juga males inget2 password, makanya password yang aku pake cuma satu. jadi kalo password aku ketahuan, maka semua email aku bisa dibuka oleh orang itu. Mudah2an jangan sampe deh

  7. saya kira banyak yang mengalami hal yang sama, saya juga tuh. kalo mau aman ya bikin password berbeda-beda trus dicatat dan disimpen di HP. kalo lupa tinggal buka memori di HP. gampang kan?

  8. jgn pernah nyimpan pass di kmptr or klik “never for this site”
    soalnya udah bnyk program yg bs ngliat pass brbntk asterix,tp klo namanya hacker siy pasti nemu aj cara bobol pass…..
    (so tau bed yaaaaa…?)wek…wweewwww……
    ga senua yg lo denger itu bener….hahahahahhah…….

  9. kalao akou sieh lebih baik menjeboel password dengan kunci,obeng,tang, dan martil. so tuh lemari brangkas bakal langsung kebuka men… coba sendiri kalo gak percaya… aku dah coba and so nyatanya berhasil terbuka tuh lemariku yang kuncinya hilang pas saat dugem.

    kakakakakakakak…..

    nb: coba di ATM pasti loe sukses…
    (di bal-balin ama satpam)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s