Hemat Bandwith itu

Apa salahnya menghemat bandwidth?

Pagi tadi saya menerima sebuah pesan lewat halaman Kontak. Pengirimnya memang tidak memunculkan jatidiri yang jelas. Mungkin dia hanya sekedar iseng ketika mengirimkan pesan itu. Atau, mungkin dia tidak begitu percaya diri ketika melontarkan message itu. Tapi, saya pikir pesannya cukup menggigit juga, kok.

Selengkapnya pesan itu berbunyi:

Apakah kamu serius ngeblog? Kenapa semua gambar ditempatkan di server lain?

Saya tersenyum membaca pesan itu. Saya juga heran dengan si pengirim. Mengapa dia begitu memperhatikan blog saya yang tidak serius ini? Apa yang salah dengan menempatkan gambar di server lain?

Saya memang melempar gambar-gambar penghias blog ini ke server lain. Dulu pernah menggunakan ImageShack. Tapi, semenjak CNET meluncurkan AllYouCanUpload.com, saya beralih ke layanan mereka. Mengapa? Tidak ada alasan yang pasti. Keduanya-duanya sama bagusnya. Saya masih bisa mengirimkan gambar dan menampilkannya kembali kapanpun saya mau menggunakan kedua layanan itu.

Apakah cara saya ngeblog ini menyalahi aturan?

Sepanjang yang saya tahu sih tidak. AllYouCanUpload.com menyebutkan layanannya sebagai Free Image Hosting untuk MySpace, blogs dan Ebay. Nah, berarti saya boleh juga dong menggunakan layanan mereka untuk hosting gambar-gambar saya? Tapi, mungkin karena saya menempatkan gambar di layanan gratis jadi saya kelihatan tidak serius, ya? Lho, khan memang saya tidak terlalu serius. Jadi, apanya yang salah? Bukankah dengan cara ini saya bisa menghemat bandwidth juga? Saya memang fakir bandwidth, kok.

Apanya yang salah sih?

13 thoughts on “Hemat Bandwith itu

  1. Kenapa tidak letakkan image di server yang IIX (ada belum ya ??) atau via Coral Cache.

    Flickr boleh enak, tapi makan bandwidth LN, kalau pembaca Anda banyak datang dari IIX, mungkin perlu difikirkan diletakkan di server yang koneksi ke IIX langsung.

  2. ntar aja taro di hosting sendiri kalo udah punya serper sendiri. Dipikir naruh gambar di serper sendiri itu cuman makan bandwidth apa? kan juga makan space. Kekkekkeke.Disaat harga bandwidth dan hosting masih mahal ya mending manfaatkan yang gretongan dulu lah :-D

  3. Saya sedikit mencontoh blog nya pak amal, tanpa gambar Kalau ada gambarnya yang diperlihatkan cuma link ke gambar tersebut jadi terserah pengunjung mau lihat gambarnya atau tidak.

    Di blog saya sendiri, gambar saya kecilkan, dibikin greyscale. Dan ditaruh di server sendiri. Dibuatkan link ke gambar yang lebih besar di server gratisan.
    So, everybody happy.

    Dan ini sih bukan masalah serius atau tidak.
    *jewer pengirim sms anonim*

  4. Pengen pake Flickr, tapi engga praktis karena kudu upload dulu domainnya ke Yahoo, baru balik lagi ke blog sendiri (yang udah diinstall plugin wordpress tentunya).

    Lebih praktis (walaupun boros bandwith, apalagi di hotlinking) kalau image-nya di host di tempat sendiri. Tinggal upload langsung dari wordpress :P

  5. Aku juga menempatkan image pada server lain, lebih tepatnya pada Photobucket.com. Eh, does it count or doesn’t it? Tapi kenapa komentator ini tidak memberi komen yang sama di blog ku sih? Huhuhu, aku tidak ngetoooop!

Leave a Reply

