Iklan Indomie itu

Kok Indofod belum memberi jawaban, ya?

Seingat saya, sudah ada dua orang yang protes materi iklan Indomie Goreng Kriuk (maaf, tanpa gambar dan tanpa link) yang dibintangi oleh Ruth Sahanaya, Kris Dayanti dan Titie DJ. Iklan itu menggambarnya terjadinya gempa sesaat setelah ada orang yang mengkriuk makanan ini. Gedung-gedung bergejolak, orang-orang terhenyak. Ya, begitulah cara Indofood mempromosikan produknya. Iklan ini masih tayang di televisi akhir-akhir ini.

Orang yang pertama protes adalah Thomas dari OrangeScale. Orang Yogya ini rupanya masih trauma dengan gempa yang dirasakannya sendiri beberapa waktu yang lalu. Thomas menyebut iklan ini sebagai iklan yang kejam dan bodoh.

Sementara itu, di harian KOMPAS nada yang kurang lebih sama juga disampaikan oleh Haryono Widodo, juga orang yang berasal dari Yogyakarta. Pak Haryono berharap agar produsen makanan instan ini berempati terhadap penderitaan korban gempa di bumi Indonesia. Selain itu diharapkan tidak memanfaatkan musibah yang terjadi sebagai kesempatan merebut hati konsumen. Sama seperti Thomas, Pak Harjono juga menyebut iklan ini sebagai tidak etis.

Dua orang sudah protes, tentu ada yang tidak benar dengan materi iklan itu.

Sayang sekali sampai saat ini tidak ada tanggapan apapun dari Indofood. Di weblog Thomas tidak ada komentar dari raja mie terbesar di dunia itu. Di harian KOMPAS pun belum ada jawaban atas surat pembaca itu.

17 thoughts on “Iklan Indomie itu

  1. iklan indomie goreng kriuk versi gempa nggak dibintangi sama ruth sahanaya dkk

    dulu sih pengin protes versi ruth sahanaya, soalnya iklannya membosankan sekali
    apalagi pas acara idol2an dan afi2an (walaupun saya nggak nonton acara gituan)

    trus diganti yang versi gempa
    tapi kayaknya dapet kritikan gitu, dikembalikan lagi ke versi ruth sahanaya dkk

  2. Iklan-iklan di Indonesia memang banyak yang menyedihkan, yang paling baru saya amati adalah iklan pasta gigi yang mengajarkan anak kecil untuk melakukan trik untuk mendapatkan sesuatu. Ada yang mengamati juga ?

  3. iya, saya ingat iklan p3ps0d3nt itu. anak kecilnya imut banget, cantik. sayangnya dia “menipu” bapaknya, ibunya, neneknya dan juga seorang tamu. kadang pertama kali melihat iklan itu kita tertawa, tapi setelah dipikir-pikir kok ya kurang ajar juga perilaku seperti itu, ya… heran gue..

  4. bukannya cerita “si kancil” juga mengajarkan perilaku menipu? Maka pertanyaannya apakah anak zaman sekarang kurang ajar atau orang tua zaman sekarang yang lebih sensitif?

  5. lagipula nggak relevan, apanya yang kriuk-kriuk? cuma pelengkapnya! padahal yang paling banyak dimakan kan mienya…

    lagipula aku tidak suka semacam bawang goreng dan kawan2nya itu…

  6. Bener Iklan P3ps0d3nt itu merusak….
    paling ga si anak harusnya mengucapkan magic word “tolong”…tapi apa dinyana ternyata hanya perintah belaka kepada yg lebih tua..

    tidak mendidik dari segala aspek….

  7. Saya malah nggak suka lagi ma iklan yang ngajarin kita pelit…. seperti premen split dkk. Soale keponakan ku yang kecil ikut..ikutan… ndak baguskan? Sangat tidak mendidik

  8. iklan ini bersifat meRUSAK generasi muda,karena anak kecil dalam iklan ini di ajarkan untuk hidup dalam mimpi dan berperilaku meniru idolanya, gimana kalo idolanya lemes apa anak2 juga ikut2 lemes? RUSAK, LEMES, NGEWES ( RAMBO community )

  9. Iklan kita memang kurang mendidik dan bahkan kadang mengandung unsur kekerasan. Paling ngga suka sama iklan minuman yang menampilkan sekelompok anak sedang bermain, kemudian muncul dua anak lainnya yang menembak2an sekelompok anak tadi dengan mainan tank2an. Bukannya mengajarkan anak kecil hidup rukun, tapi malah ngajarin berantem dan saling mengganggu…

  10. Knapa sich pada sensitif ama iklan2 di TV?ga bisa ngehargain hasil kreatif orang lain…

    Kan udah tugas nya ortu bwat ngawasin tontonan anak2nya,,jdi klo sampe ada yg anak2 yg niru2 adegan negatif di TV,,brarti salah ortunya dong ga tanggung jawab….

    Contoh relevannya klo kita beli pisau….trus anak kita maenin tu pisau ampe bikin dia terluka…masa kita sebagai ortu nyalahin produsen pisau tersebut??nggak kan!!?

    sama halnya dengan iklan2 tadi…

  11. bukannya gak menghargai. aku pikir mereka kritis terhadap tayangan iklan televisi akhir2 ini. menurutku, iklan memang harus kreatif, tapi kreatif yang masih dalam aturan2, norma2, tidak menimbulkan dampak sosial yg negatif. jadi dalam membuat suatu iklan hendaknya perlu lebih berhati2.

  12. BRAVO..iklan indomie yang selama bulan ramadhan.. buagus banget.. pesan moralnya dapet, spy anak2 kecil termotivasi untuk puasa..
    kebetulan anak ku 3th dan 6th seneng banget liat iklan itu.. malah yg 3th apa2 jd suka ngomong “alhamdulillah..”
    Kalo boleh aku mau deh rekamannya, krn kami tinggal di australi dan abis lebaran udh balik lg ksana..
    jadi pasti si bungsu ku seneng banget kl bisa sering2 liat iklan itu di australi..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s