Lima browser itu

Lima browser nangkring di desktop. Cuma satu yang jadi favorit.

Berapa jumlah perambah halaman web yang Anda instal di komputer? Kebanyakan orang mungkin memfavoritkan satu perambah dan menanggalkan perambah yang lain. Ada yang lebih suka Firefox dan melepas IE. Tapi, ada juga yang sampai sekarang masih tetap bertahan menggunakan IE-nya Microsoft.

Tapi, saya beda dengan teman-teman di kantor. Di komputer yang saya pakai sekarang ada lima buah perambah yang gonta-ganti saya gunakan. Tentu saja yang paling sering saya pakai adalah Firefox-nya Mozilla. Alasannya tentu saja karena dengan menggunakan perambah ini saya bisa memfilter banner-banner iklan yang berseliweren di halaman yang sering saya kunjungi. Meskipun saya orang iklan, tapi kalau disuruh melihat iklan banner kok rasanya jengah juga, ya… Nah, Firefox dengan AdBlocknya membantu saya menjauhkan banner-banner itu dari pandangan mata.

Perambah kedua yang masih sering saya gunakan adalah IE-nya Microsoft. Sering itu maksudnya ya paling dalam satu pekan hanya dipakai untuk membuka dua atau tiga halaman saja. Kadang tujuannya pun hanya untuk menguji bagaimana tampilan halaman itu jika dibuka menggunakan IE. Lebih daripada itu, saya tidak pernah gunakan. Kenapa? Spyware yang sering menyelusup lewat perambah ini benar-benar menjengkelkan. Untunglah IE bukanlah perambah favorit saya.

Saya juga menggunakan Flock. Perambah ini saya gunakan karena salah satu fiturnya yang memungkinkan kita mengupdate blog hanya dengan sebuah klik tunggal. Sayangnya, Flock terasa lamban berjalan di komputer saya yang sebenarnya memang sudah loyo ini. Makanya, sekarang saya jarang menggunakan Flock. Untuk mengupdate blog, saya gunakan saja Firefox seperti biasa saja.

K-Meleon adalah perambah berbasis Mozilla yang juga sedang saya coba. Filenya kecil, startnya kenceng. Tapi, saya rasa fiturnya masih kurang. Untuk melakukan personalisasi tampaknya dibutuhkan sedikit keahlian pemrograman. Nah, karena itulah saya jadi kurang suka dengan K-Meleon ini. Tapi, kadang saya kangen juga untuk menggunakan si bunglon ini.

Nah, perambah yang paling jarang saya pakai adalah Opera. Sejak mereka merilis Opera menjadi perambah yang gratis, saya langsung menggunakannya. Namun, karena sudah terbiasa dengan Firefox dan turunannya, saat saya menggunakan mesin Opera saja jadi merasa kagok. Sekarang Opera masih duduk manis di desktop dan jarang saya klik.

Jadi, lima buah perambah ada di komputer saya: Firefox, IE, Flock, K-Meleon dan Opera. Favorit saya adalah Firefox. Apa mesin perambah favorit Anda? Kenapa menjadi favorit?

22 thoughts on “Lima browser itu

  1. di kantor cuma 4.
    firefox, ie, opera, sama lynx.

    di leptop juga 4
    firefox, ie, opera, sama flock.

    yg paling sering dipake: firefox.
    ie dan lain2 cuma ngetes gimana tampilan aja…

  2. firefox! Dulu sempet pake opera & ie sbg primary browser, tapi sekarang udah jarang, paling cuma dipake untuk ngecek tampilan aja (sama spt didats). Sayang di firefox ngga ada mouse gestures kaya di opera.

  3. Oye… saya jg cinta mati sama firefox… soal nye firefox versatile & secure alternative than IE… hidup open source :) btw, salam kenal ya :)

  4. Peringkat Pertama
    Mozilla Firefox

    Peringkat Kedua
    Internet Explorer dan Opera Browser

    Kalau kecepetan saya sangat SALUTE sama OPERA wus wus tapi sayang mbuka GMAIL dan YMail Beta (total ndak disupport)

    Saya jadi heran kenapa yaa kok ndak disupport si OPERA… padahal keren loo.. ada MINInya lagi

  5. OPERA.. oh OPERA ku sayang.. I very love you. muacch..muacchh..

    Kayaknya Opera adalah the best bagi saya.
    -pertama pake tab (sejak versi 2.0) (dicontek ama firefox, baru IE baru mulai versi 7.0)
    -closing tab cukup shift + click kiri
    -click tombol mouse tengah, lgs buka link di tab baru (dicontek ama firefox dan IE7)
    -pindah tab cukup pake kokmbinasi click kiri + kanan
    -kombinasi klik kanan + scroll, pilih tab banyak
    -preview isi tab tanpa harus pindah tab , cukup hover aja di tab (ditiru ama IE7)
    -kalo mau search di google, tinggal tulis ‘g mangga’ Enter. gak harus masuk ke google dulu
    -terceoat di 3 OS (win,osX,linux)
    – masih banyak lagi..

    ini comparison-nya:
    http://www.howtocreate.co.uk/browserSpeed.html

    wakakakakka
    (promosi opera ah… biar banyak temennya)

    tambah satu –> udah ada widgetnya segala

  6. kalo aku sekarang pake k-meleon, kemarin pake firefox, kemarin lagi pake mozilla, kemarin lagi pake IE, pernah dikasih opera tapi juaraanng buangeet.kalo k-meleon lumayan cepet di laptop koeno ku, dibanding yang lain. trus ditampilan terkesan simple.

Leave a Reply

