Republish: Bakso Bethesda

Bakso Bethesda
Bakso Bethesda
Bakso Bethesda
Bakso Bethesda
Bakso Bethesda
Bakso Bethesda

Makanan uenak ternyata bisa ada juga di tempat orang sakit.

Minggu kemarin aku sempat ke Yogyakarta setelah sekitar dua tahun tidak menyambangi kota itu. Sebelum urusan utama diselesaikan, justru aku pengin mencoba lagi makan bakso di kantin Rumah Sakit Bethesda. Dulu, jaman masih kuliah, kantin rumah sakit yang berada di Jalan Jend. Sudirman ini berada di areal perparkiran. Sekarang keadaan berubah. Ruang yang dulu (sekitar tujuh atau delapan tahun lalu) ditempati pedagang bakso sekarang sudah menjadi ruang khusus untuk pasien stroke. Tukang parkir yang mangkal di situ pun tidak tahu bahwa di tempat itu dulu pernah bediri kantin yang ramai.

Ternyata sekarang kantin rumah sakit yang didirikan pada 20 Mei 1899 itu berpindah ke arah dalam. Kompleks kantin ini sekarang membentuk huruf U. Tukang baksonya sendiri ada di ujung gang buntu ini.

Aku pesan bakso daging seperti dulu aku sering memesannya. Tidak ada yang berubah dari cara mereka menyajikan. Sendok yang dipakai pun masih sama, sendok bebek yang bertangkai pendek dan berdaun lebar. Garpunya pun masih sama, bentuknya kecil dengan dua ujung tajam.

Bakso tanpa mie dan tahu itu pun akhirnya bisa aku santap. Puas rasanya bisa menikmati makanan yang berada di rumah sakit yang dulunya bernama RS TOELOENG/PITULUNGAN ini. Bagi saya yang suka menerapkan prinsip "save the best for last", daging yang dihidangkan paling cocok dimakan dengan dicampur kecap dan sambal setelah semua kuah dihabiskan. Nyam-nyam-nyam.

Read and post comments | Send to a friend

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s