Pepaya atau Papaya

Terus terang saya tidak suka pepaya. Padahal saya tahu pepaya ini buah yang istimewa. Harganya yang murah, rasanya yang manis adalah alasan yang tepat mengapa banyak orang menyukai buah ini. Tapi, sekarang saya tidak menyukainya. Ironis, khan?

Saya masih ingat ketika kecil dulu. Di depan rumah saya di Purbalingga sana ada beberapa pohon pepaya. Hampir sepanjang tahun saya bisa menikmati buah berwarna jingga ini. Aneka bentuk makanan berbahan baku buah pepaya pun pernah saya buat. Awalnya tentu saja adalah memakan buah pepaya apa adanya. Setelah itu, coba-coba untuk bikin rujak pepaya. Enak juga rasa buah pepaya yang masih mengkal ini. Apalagi kakak perempuan saya sangat suka membuat rujak pepaya ini. Dia biasanya memadukan buah ini dengan buah-buah yang lain seperti mentimun dan buah bengkoang. Wah, sampai keringatan saya makan rujak pepaya yang pedes ini. Enak, tapi pedes. Pedes, tapi enak.

Selain itu kami juga beberapa kali membuat manisan pepaya. Bahan utamanya tentu saja adalah buah pepaya yang masih mengkal. Buah ini dikupas dan kemudian dipotong-potong kecil-kecil. Kemudian untuk beberapa lama buah ini direndam dalam air kapur sirih. Hasilnya adalah pepaya yang keras di bagian luarnya namun lunak di bagian dalamnya. Setelah itu potongan buah pepaya ini direbus dengan air gula dan citoren zuur sebagai perasa manis dan asam. Dulu, saya juga suka manisan pepaya.

Nah, setelah bosan dengan itu semua, saya sering membuat jus pepaya. Supaya lebih "gurih", jus pepaya ini saya beri sedikit santan kental. Waduh, rasanya uenak tenan. Bikin kenyang, deh.

Akhirnya, saya bosan dengan pepaya. Sekarang saya ogah makan buah ini. Paling-paling hanya beberapa potong saja yang masuk ke dalam mulut saya. Selebihnya, silakan orang lain yang makan. Bosen…

Read and post comments | Send to a friend

Leave a Reply

