USB itu

USB memang memudahkan. Tapi, kadang khawatir juga, ya?

USB stick sekarang sudah menjadi barang yang umum dipakai. Sebuah benda mungil yang bisa menyimpan bermega-mega data dipertukarkan dengan komputer lain. Proses pengkopian dan sharing akan semakin nyaman jika memakai Linux atau Windows XP. Tinggal cari port USB, colokkan dan cari file yang akan dimasukkan ke dalam USB. Plug n Play, kata orang.

Untuk beberapa jenis PC yang lama, biasanya port itu ada di belakang CPU. PC model baru meletakkan port ini di bagian depan. Kalaupun PC ditaruh di bawah meja, jangan khawatir, sekarang banyak kabel-kabel USB yang bisa menjadi “perpanjangan tangan” port dari bagian belakang ke tempat di manapun yang mudah terjangkau sepanjang kabelnya mencukupi.

Pokoknya USB benar-benar mempermudah kita untuk mengkopi data dari komputer ke USB stick. Tapi, pernahkah Anda khawatir jika ternyata ada orang yang melakukan pengkopian data secara sembrono? Bisakah kita menutup akses port USB itu untuk sementara?

Jika Anda pemakai Windows XP service pack 2, ada sebuah cara yang bisa dilakukan supaya komputer tidak bisa menuliskan data di USB. Silakan baca penjelasannya sini.

Pernahkah Anda khawatir data Anda dicuri?

12 thoughts on “USB itu

  1. gak tuh! secara aku ga punya data2 rahasia.
    lagipula, kalo mo kopi pasti bilang2 dulu kok… kan ga sembarang orang yg bisa pake komputerku… :D

    #1 sok tau! awas punya plesdis! dasar abege! wakakaka…

  2. saya punya cerita tentang usb falshdisk ini. pernah ilang ga tau kemana, eh..ternyata kecuci sama mbak di rumah karena masih ada di baju saya. ajaib ! si flashdisk masih bisa kepake. sekarang, usb ini jadi teman setia saya kemana-mana. walau sudah kecuci berkali-kali… ;D

  3. Anyway, makasih atas info pencegahan penulisan di USB. Hal ini berguna utk di perusahaan dlm mencegah pencurian data dari workstation user yg nambeng ndak mau nyimpen data2nya di server.

  4. makasih bgt info-nya, slama ini ketar-ketir data di kompi kantor bisa dicopy sembarangan.
    pokoknya flasdisk is d-best dah apalagi bisa skalian mp3player, apalagi bisa nyampe 1G & bisa cut, copy&paste semaunya (bye bye CD). mmm..kasian bgt yg ga memuja flasdisk (masih make disket ya ms…wuakakakak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s