Coklat Cadbury itu

Hati-hati, produk yang ditarik bisa dilemparkan ke Indonesia, lho…

Ini berita yang mampir ke SMS siang ini. Berbeda dengan isu gempa yang tidak berdasar, kali ini berita tentang ditariknya coklat Cadbury di Inggris memang juga diberitakan oleh BBC Inggris. Investigasi sedang dilakukan setelah Cadbury menarik sejuta batang coklat yang mungkin telah terkontaminasi oleh bakteri salmonella.

Meskipun dikatakan bahwa risiko yang ditimbulkan mungkin rendah, kita yang ada di dunia ketiga perlu berhati-hati. Standar tinggi yang diterapkan di luar negeri bisa jadi mewajibkan produsen untuk menarik produk itu dari pasar. Tapi, ada kemungkinan juga produsen yang nakal kemudian melemparkan produk itu ke dunia ketiga seperti Indonesia.

Ada baiknya sekarang kita berhati-hati. Jangan dulu mengkonsumsi coklat Cadbury dulu, deh…

12 thoughts on “Coklat Cadbury itu

  1. Penarikan ini bukannya kejadian di Januari? Baru rame sekarang.

    Cadbury di Indo kan sebagiannya impor dari Malaysia dan Thailand (CMIIW), sisanya dibuat di sini. Jadi kecil kemungkinan Cadbury dari Inggris dijual bebas di Indo KECUALI dengan melepas label/kemasan lebih dulu.

    *suka coklat Cadbury & ga khawatir :) *

  2. wah,gawat nih,soalnya aku suka bgt makan coklat. tp kayaknya cadbury indo kan buatan thai. jd kyknya ga bakal ada masalah. tenang ja…
    asalkan jgn nitip oleh2 cadbury dari dari ing y
    santaiiiii =)

  3. nyante aja lagi!!! perut qt kan dah kebal ma bakteri2, buktinya makan gorengan yg tdk layak makan aja sehat2 ajah, warung2 makan n jajanan pinggir jalan juga samasekali ga bersih.
    yg jd masalah adlh org yg baru dtg ke indonesia stelah tinggal lama di LN, pasti pertama2 sakit piyut (ngliat pengalaman 3 temen trkapar di RS)

  4. agree #9,
    orang kita mah dah kebal, biasa makan yg lebih kotor dari ketburi.
    plis deh gak semudah itu kirim barang rusak ke negara laen, belum lg aturan internal bahwa coklat ketburi yg masuk indonesia adalah asembling malay bukan ingg, jd waspada WAJIB, tp jgn parno’. orang kita rata2 mah bisa makan ketburi aja dah anugrah jgn pake di-takut2in. knapa jg ketburi, snack lokal yg rata2 dibuat tanpa standar gak ada yg protes gini, eh yg dari inggris yg diributin dah jelas konsumen ketburi pasti rata2 dah sangat teliti dengan kualitas. pamit…

  5. coklat cadbury memang enak, tapi kalau ada yang tidak beres, mbok ya diberesin dulu, jangan sampai produsen memberi makan orang indonesia dg salah makan, beracun n akhirnya knapa2 lagi. makanya teliti dunk buat produsen sebelum memasarkan n konsumen, membeli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s