Saya dan danau terdalam itu

Saya pergi mengunjungi danau terdalam di Indonesia. Kemana saya?

Perasaan saya sering sekali keluar kota akhir-akhir ini. Kemarin dulu saya mengililingi sebagian Jawa. Kemudian pekan lalu saya menjelajahi Sumatera dan baru kembali ke ibukota pada Senin dini hari. Nah, dini hari nanti saya akan terbang menuju danau terdalam di Indonesia. Dari Jakarta, Garuda akan membawa saya ke sebuah kota besar. Kemudian saya masih harus terbang lagi selama sekitar setengah jam membelah belantara untuk bisa sampai ke danau terdalam itu.

Nah, danau terdalam di Indonesia ini juga merupakan danau terdalam ke delapan di dunia. Letak danau ini juga lebih rendah dari permukaan laut. Untuk pertama kalinya saya akan mengunjungi danau itu pada Sabtu esok. Konon kecerahan air danau ini 23m. Artinya sampai kedalaman itu kita masih bisa melihat benda-benda apa saja yang ada di bawah sana. Di danau ini juga terdapat beberapa mata air yang masih aktif di bagian dasar danau. Hasil penelitian menyebutkan bahwa danau terdalam ini telah berusia sekitar empat juta tahun memiliki kedalaman 594 meter, dengan luas air permukaan sekitar 130 kilometer persegi dan total batas air 270 kilometer persegi.

Hari Sabtu dan Minggu besok saya masih ada di seputar danau terdalam di Indonesia itu. Hijaunya hutan akan menjadi santapan saya selama sekitar tiga hari. Pada hari Senin pagi baru saya kembali ke Jakarta.

Ada yang tahu ke mana saya akan pergi? Ada yang pernah ke sana?

10 thoughts on “Saya dan danau terdalam itu

  1. hati2 jangan sampai berenang disini, ntar kepengen balik lagi lho..gak percaya? tanya aja ama yang udah pernah berenang disini.

  2. Hhmm…Danau matano y…
    Stuju bgt klo danau tu mang dalam,n kita bisa liat sampe kebawah…
    Gw sbagai orang sorowako t4 danau itu berada happy klo byk yg blg danau tu bgs bgt…Nyok dtg kesana,dijamin ga bakal rugi…Btw,hati2 y klo mo mandi disana…

Leave a Reply

