Si Pitung itu

30 tahun benda ini mengabdi kepada tuannya. Hebat, ya?

Foto di samping ini adalah gambar Si Pitung. Dia saya temui pada liburan kemarin di Pulau Sumatera. Tidak semua orang bisa mengendarainya dengan lancar. Maklumlah, Si Pitung memang sudah uzur. Tapi, bukan berarti dia sudah renta dan ringkih. Dia masih setia menemani sang empunya untuk mengantarkannya ke pasar pada pagi dan siang hari. Belum lagi belasan kali mondar-mandir ke sana ke mari.

Kemarin, sebelum foto ini saya ambil, Si Pitung dioperasi. Stangnya sekarang sudah diganti dengan yang baru, bergaya anak muda. Karburatornya pun sekarang menggunakan suku cadang motor Honda Grand. Tentu saja lampu dan aneka asesorisnya pun diganti juga.

Sekarang Si Pitung menjadi lebih gagah daripada yang ada di foto itu. Sayangnya ketika saya akan ambil hasil modifnya, baterai kamera pas habis dan saya tidak membawa chargernya. Esok lagi akan saya tunjukkan, deh. Anda tidak akan yakin kalau Si Pitung adalah sesosok benda yang sudah berumur lebih dari 30 tahun. Telah tiga dasawarsa kendaraan mondar-mandir di jalanan. Tentu saja jasa Si Pitung sudah tidak terkira jumlahnya. Tidak heran jika pemiliknya benar-benar sayang kepadanya.

Anda tahu apa artinya Si Pitung? Maksudnya adalah motor keluaran “Pitungpuluhan” alias keluaran tahun 70-an. Benda paling tua apa yang kamu punya dan sekarang masih bisa digunakan?

34 thoughts on “Si Pitung itu

  1. Saya juga punya mas. Honda Supercup, adik kandungnya langsung si Pitung, kalo ga salah th 80-an. Trus punya juga Suzuki A-100 tahun 88-an. Kapan-kapan aku foto juga deh, soalnya kedua motor tersebut di Jogja, dipake ayah saya !!

  2. hehehe………
    gag tau kenapa aku ga punya barang2 sampe segitu lama. bukan karna aku suka ganti2, tapi karna memang cepet rusak kalo ditanganku… :))

  3. WAh jadi inget BMW saya (Bebek Merah Warnanya), Honda C-70 yg setia hingga dipakai tabrakan oleh sepupu saya hingga merenggut nyawanya.

    Jadi terpaksa deh dijual untuk melupakannya.

  4. Jadi inget sama Si Jagur, honda bebek 800 punya saya jaman SMA. Dulu sih sempat jadi “inventaris sekolah”, sering dipinjem teman2 yg lain. Jadinya saya dulu hampir gak pernah beli bensin.

    Udah lama sih dijual buat tambahan biaya kuliah. :)

  5. mesin tik tua. aku juga ga tau buatan tahun berapa…
    masih disimpan ibuku. yang uniknya, kalo aku pencet m, yang keluar n. pencet s yang keluar k….
    (emang udah rusak kali yaa?) hihi..

  6. aku juga punya malahan lebih tua dari si pitung.mobil jeep punya babe gue, cj-70.karena sering mogok sekarang ga tau dech dimana??

  7. Punyaku Supercup taon 81, persis seumuran dengan umurku, turunan dari babe yang dilengserkan ke aku mulai taon 2000 sampae sekarang masih aku pake.
    2 kali ganti cewek, Tole masih setia nemenin aku, jarak terjauh adalah surabaya sidoarjo.

    Yang bikin ga enak giginya cuman 3 yang bikin Tole lumayan boros, karena sering aku pake dengan RPM tinggi. 40km/h emang standar RPMnya tapi kan ya capek kalo dipake dari rumah ke kampus (bolak balik 20km lebih, tiap hari!) sehari minum 1 liter. Tapi setelah di ganti ke CDI dan minum Pertamax, tarikannya lumayan banget dan lebih irit daripada pake Premium.

    Paling sering rewel di Busi, karburator, spoolnya lumayn sering kebakar.

    Hehe… pengalaman aku sama Tole lumayan buanyak, so bisa dikatakan aku cinta mati ama Tole. Kilometernya sekarang sudah mencapai 92060, dan maunya tetep aku pake sampai balik lagi ke 00000 n ga aku jual-jual.

    Pokoknya aku cinta matiiii.
    Hidup Supercup!!!!!!

  8. saya setia berat ama honda, pertama belajar pake pitung merah dan sudah terjual, sekarang setelah punya anak satu saya cari lagi buat kelangenan, punya saya warna ijo dan sudah saya permak sana-sini. lumayan buat jalan-jalan menyusuri kenangan pas pulang jogja

  9. Saya juga punya motor tua tapi kalo saya punya honda super cub 700 kakkanya si pitung keluaran tahun 1980.

  10. wah.. motornya lumayan juga tuh… btw dijual nggak YA???
    kira-kira dimana ya gw bisa dapet honda to
    please infonya donk

  11. Woow inget masa kecil, diajak putar2 ortu pake C70 n pertama kali belajar motor pake ni juga… klo ada yang jual murah boleh juga tuh..tuk nostalgia…

  12. Gw jga pnya astuti kluaran taun 74 surat suratnya masih hidup n sperpatnya masih orisinil semuanya n gak pernah mogok lama

  13. ada yg nawarin neh supercup g tau thn brapa,blm diliat jg?masih ragu klo bwt dibawa jln jauh,ngerepotin g kira2?soalnya pengen jg punya motor tua,selama ini sih ngerawat willys thn 49..

  14. Hallo smua…..
    Aq jg pny ni 70..n aq jg trgbung dlm anak HOT BATURAJA..
    Awal Nya Sih, dlu aq pke FU150. Tp setelah aq mndptkan tmn yg nma nya bambang….akhirnya aq trkena virus, n jd nya gni….hehehehee
    trus FU ku akhirnya pensiun dah…. tak gantung aj…
    JUJUR…..Aq seneng niy Pke 70. mskipun kmrn sempet rewel2 mtr nya,bis dbli..tp aq gk nyerah..temen2ku jg pd dukung….
    Thanks buat bambang,debot,dedy yg dah suport smua apa yg aq pengen..mreka smua anak2 hot jg bro…n sekarang,agak lumayanan,bisa mnghantarkanku beraktifitas bro…..
    maen2 lh bro,ke baturaja.. dsni lg musim duren…hehehehe
    mau gk niy cicip duren enak????kkkkkkkk

  15. hallo mbang,montor ku c90 body c70 asli bawaan dari jepang teompo doelue.mana anak HOT nyang lain? kita ikutan dong nonggkrong d album foto mu.FOREVER HOT BATURAJA

  16. Motorku honda super c800 d beli ortu 28 th yg lalu kondisi sangat terawat tp saya mau tny ap bisa dr platina d ubah ke CDI dan jml prneling dari gigi 3 ke gigi 4 trims

  17. Anak hot baturaja juga punya sodaranya pitung, namanya Jampang he he(cb cepek) mungkin lebih enak di sebut cb pak ogah kali ya,? yg selalu setia ngawal si pitung. Walau bukan tipe bebek, cuek ajo gabung di hot club. F.T.W.~ FB BF

  18. q punya mtor CG 110, orisinal kluaran thn 1981. q pake brgkt ngajar setiap hari-mobile trus ke smua cabang. dia mrupkn teman setia ku, slalu ada ketika q sedih, senang dan gumbira. sring juga q ajak jalan2, mengenali suasana kota baru yang dikunjungi. hal yang paling q suka, ketika plg ngjar q pasti sering mengajak si ‘merah’ utk menikmati suasana kota Solo-lo pulang lewat jl. Slamet Riyadi. hee.

  19. Saya mo jual bebek c70 thn 79 warna merah (cat masih banyak yg asli), kondisi bagus, speedo jalan, surat lengkap cuma telat 6 bulan, plat D (bandung), harga 2,5jt (nego) minat hub: 085722202325

  20. salam bikers bang….. w jga pnya c70 kbetulan w anggota honda tua club (HTC) MAEN KE LAMPUNG BANG BANYAK DUREN……..

  21. saya punya honda super cub 700…kondisi mesin ok..cuma batok lampu depan,disilotip..reting kanan gak ada rumah lampu.mau saya belikan di jakarta satu batok lampu..lengkap dengan rumah reting kanan ma kiri..cuma di jakaarta gak ngerti tempatnya..kondisi belakang rumah lampu.belakang ancur di silotip…rating kanan..ancur.mohon info kalau beli onderdilnya di jakarta dimana ya?terimakasih.

Leave a Reply

