Gempa Jakarta itu

Saya tidak merasakan adanya gempa. Moga-moga memang tidak terjadi gempa yang besar di Jakarta.

Kata orang, hari ini Jakarta dan sekitarnya diguncang gempa 5.5 SR. Tapi, dari sejak makan siang sampai saat saya menulis sekarang, tidak ada goncangan sedikit pun yang saya rasakan. Mungkin episentrumnya memang jauh dari tempat saya bekerja. Atau, mungkin juga karena saya terlalu banyak bergerak sehingga getaran gempa tidak bisa saya rasakan. Tapi, kalau melihat angkanya, 5.5 SR bukanlah gempa yang kecil.

Setelah mengecek situs USGS pun saya tidak mendapatkan gempa yang konon terjadi pada pukul 15.15 WIB dan berpusat di 9.46 LS dan 107.19 BT. Waduh, mungkin alat deteksi gempa milik Amerika tidak bisa memonitor getaran yang ada di Pantai Pangandaran ini.

Ngomong-ngomong tentang gempa, saya jadi ngeri juga. Teringat bagaimana tsunami telah melanda Aceh pasca gempa, juga Bantul yang juga luluh lantak karena lindu. Moga-moga gempa besar tidak melanda Jakarta. Semoga!

Adakah Anda merasakan gempa di sore hari ini di Jakarta? Cerita, dong…

Update: Peta gempa yang dikeluarkan oleh USGS sudah bisa dilihat, silakan akses di halaman milik mereka.

6 thoughts on “Gempa Jakarta itu

Leave a Reply

