Leot Koran Aneh itu

Leot cover diwolak-walik. Asyik juga, sih..

Gambar di samping ini adalah layout KORAN TEMPO edisi Ahad 9 Juli 2006 yang lalu. Saya baru menerimanya hari ini. Maklumlah, saya memang tidak berlangganan koran ini pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu.

Ada yang aneh pada koran yang memuat prediksi pertandingan Piala Dunia 2006 itu. Jika pada edisi yang normal pada halaman satu hanya ada satu logo, maka edisi ini memuat dua logo sekaligus. Italia, demikian koran ini menulis, mempunyai peluang menang 55%. Sedangkan Prancis, lawannya, mari kita balik dulu, mempunyai peluang menang 45%.

Mengapa harus ada dua logo dan hurufnya dibolak-balik? Well, saya tidak tahu alasan pastinya. Mungkin ini hanya untuk menjaga perasaan para penggemar masing-masing kesebalasan. Prancis, meskipun tidak diunggulkan oleh koran ini, posisinya tidak berada di bawah Italia. Demikian pula sebaliknya. Semuanya ada di atas, semuanya diberi tempat yang nyaris sama. Adil, khan?

Saya jadi ingat cover majalah DR (awalnya adalah singkatan dari Detektif dan Romantika, namun seiring angin kebebasan, nama panjangnya adalah Demokrasi dan Reformasi) yang menampilkan Mbah Soeharto seperti kartu remi. Penguasa orde baru itu marah, majalah itu ditarik dari pasaran. Ada yang ingat peristiwa itu?

Ngomong-ngomong, apakah Anda pembaca terganggu dengan kreativitas cover KORAN TEMPO seperti itu? Eh, mau liat lebih jelas tampang KORAN TEMPO edisi wolak-walik itu, silakan liat di sini, diambil dari Newseum.org

5 thoughts on “Leot Koran Aneh itu

  1. kalo emang mau adil, kenapa ga ditata sedemikian rupa sehingga sejajar aja ya…
    kalo aku lihat pic-nya yg jd pertaanyaan bukan leyout korannya tp posisi bacanya… hehe… serius banget, sampe2 wajahnya ditutup ma koran… atau malu ya… jangan2 bukan baca tuh tapi tidur… hehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s