Pantura itu

Hati-hati di Pantura. Jalan jelek dan peminta sumbangan mengganggu perjalanan

Liburan sudah selesai. Semuanya menyenangkan dan istimewa kecuali perjalanan di sepanjang pantura yang menyebalkan. Dari Cikampek sampai daerah Pekalongan banyak sekali pembangunan jalan yang sedang dilakukan. Jalan-jalan yang masih sempit diperlebar. Ada juga di beberapa daerah yang sedang dilapis ulang untuk memperhalus jalur utama di sisi utara Jawa ini. Sementara itu bagian yang lain masih gronjal-granjul bikin pengendara tidak nyaman.

Yang paling menyebalkan adalah ditutupnya sebagian jalan oleh para peminta-minta sumbangan untuk pembangunan tempat ibadah. Paling tidak ada enam atau tujuh lokasi dari Cikampek sampai Pekalongan yang menggunakan modus operandi penutupan sebagian jalan untuk menarik perhatian pelintas.

Jalan yang terdiri dari dua lintasan itu ditutup setengahnya menggunakan drum kosong. Sementara di tengah-tengahnya orang-orang menyorongkan jaring ikan untuk menampung uang pemberian. Ini tentu sangat berbahaya karena kecepatan kendaran di pantura cukup tinggi. Saya tidak tahu apakah cara-cara pengumpulan dana dengan cara menutup sebagian jalan itu legal atau tidak. Tapi, cara seperti ini saya pikir sama sekali tidak kreatif dan memalukan.

Itu saja…

6 thoughts on “Pantura itu

  1. setujuh!
    untuk itulah aku ga pernah kasih, karena mereka bertahan dari apa yg mereka dapet…

    wah, udah pulang ya…
    ada oleh2 gag?
    poto2nya jangan lupa… ;)

  2. #3 : Wah, udah gak kehitung lagi pengen kayak begitu :(. Lagi enak2 jalan, tau2 ada yg minta sumbangan, mending kalo di jalan lurus n kelihatan dari jauh. Coba klo mendadak, kebayang kan…

  3. waduh….saya kalo pulang ke jawa selalu naek kreta api.tut tut tut…siapa hendak ikut….jadi ya tidak tau masalah jalan bolong…
    mudah2an aja….pemerintah cepat bikin jalan tol jakarta jawa..biar ga ada yang kena lubang, setubuh ga? eh maksudnya, setuju ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s