Gol Tangan Tuhan itu

Ulang tahun gol tangan Tuhan yang ke duapuluh.

Hari ini, dua puluh tahun yang lalu, Inggris ditewaskan Maradona di Stadion Azteca pada Piala Dunia 1986. Gol tangan Tuhan dan gol abad ini terlahir pada partai ini.

Seingat saya, Piala Dunia 1986 tidak seramai piala dunia kali ini. Koran juga tidak memanfaatkan momen ini untuk bahan jualan. Kalau tidak salah, TVRI pun tidak menyiarkannya secara langsung. Paling-paling saya membaca Tabloid BOLA, anaknya KOMPAS itu.

Gol tangan Tuhan dicetak oleh Maradona pada pertandingan perempat final Piala Dunia 1986 melawan Inggris. Partai ini digelar pada 22 Juni 1986, tepat 20 tahun yang lalu, di Estadio Azteca, kota Meksiko. Maradona menggunakan tangan kirinya untuk mencetak gol, sebuah aksi yang sebenarnya dilarang dalam sepakbola. Namun wasit yang bertugas saat itu tidak melihatnya. Dikiranya Si Boncel mencetak gol itu menggunakan kepalanya.

Argentina memenangkan pertandingan ini 2-1 dan melaju ke semifinal. Di semifinal Argentina menewaskan Belgia 2-0. Lagi-lagi Maradona mencetak dua gol itu. Akhirnya kesebelasan Albiceleste menjadi juara setelah mengandaskan tim Panzer Jerman 3-2.

Tentang gol tangan Tuhan itu Maradona menuliskannya di autobiografinya pada 1992:

Kini saya merasa mampu untuk mengatakan apa yang dulu saya tidak bisa. Dulu saya menyebutnya “gol tangan Tuhan”. Sebenarnya bukan tangan Tuhan, tapi tangan Diego. Dan saya merasa sedikit seperti mencopet orang Inggris.

Selamat ulang tahun gol tangan Tuhan.

8 thoughts on “Gol Tangan Tuhan itu

  1. Wakakaka….sedikit mencopet Ingrris tidak apa-apa, karena Ingris pun merampok besar-besaran negeri macam Argentina dan negeri2 miskin lainnya.

  2. itu bukan gol tangan Tuhan, tapi cakaran setan alias kepretan setan, soalnya aku gak terlalu suka sama maradona, soalnya dia banyak utang di itali sama petugas pajak di itali sono !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s