Togo itu

Apa sulitnya mencari 11 orang terbaik di antara 220 juta penduduk?

Anda tahu Togo? Nyaris sebagian besar dari kita kurang begitu mengenal negeri yang dulunya menjadi asal banyak budak Afrika. Ini negeri mungil di Afrika bagian barat sono, berbatasan dengan Ghana, Benin dan Burkina Faso. Luasnya cuma 56,785 km², bandingkan dengan luas negeri kita tercinta ini yang nyaris 2 juta km². Togo luasnya hanya sepertiga-puluh-lima luas negeri kita!

Jumlah penduduknya pun cuma 6.5 juta jiwa, alias sepertiga-puluh-enam jumlah penduduk Indonesia.

Pendapatan per kapita Indonesia pun lebih tinggi dari Togo. Togo 1,700 dollar per tahun, sedangkan kita 4,458 dollar per tahun.

Bahkan, negeri yang beribukotakan Lomé ini baru merdeka pada tahun 1960 ketika Indonesia sudah berumur 15 tahun. Jika diibaratkan, pada saat itu kita sudah bisa berlari kencang sedangkan si Togo ini baru lahir.

Tapi, tolong jawab pertanyaan saya, kawan: Mengapa Togo bisa lolos ke Piala Dunia di Jerman sementara kita di sini harus puas hanya dengan bersorak-sorak di depan televisi? Apa sulitnya mencari 11 orang pemain yang bisa bermain bola di antara lebih dari 220 juta penduduk?

13 thoughts on “Togo itu

  1. negara kita kurang perhatian terhadap olahraga om. ada pemain bagus, bukannya “dipelihara” malah di anggurin.

    coba liat pssi primavera dulu. mereka bagus2 semua. coba mereka bener2 di genjlok abis. mereka akan jadi pemain super pastinya *hiperbola*

    dan sekarang, usia 23 yang ke belanda. mudah2an membawa banyak prestasi.

    trus, satu hal lagi. BIROKRASI. ah, suntuk!

    suatu saat nanti, kalo indonesia masup piala dunia, dan aku juga punya duit, pengen nonton ah… :D

    sebenernya ga perlu nunggu endonesiah masup juga pengen nonton, tapi gag ada duit.. :))

    duh, ini komen kok panjang banget…
    maap.. maap… :D

  2. penonton juga sih …
    rusuh terus, sponsor pun jadi berpikir ulang kalau ingin mendanai kompetisi di indonsia. Dan iya, birokrasi ^^;

  3. negara kita ini negara komentator om…

    jadi inget waktu nonton bola…

    “i..ii… iii… iyaak… sayang sekali saudara-saudara… tendangannya meleset sedikit saja… tipis sekali… 3 meter diatas gawang..”

  4. soal sepakbola negeri ini kompleks…kompetisi dan manajemennya ga jelas (katanya juga ga ada sepakbola di sini).

    orang Thai bilang indonesia main rugby bukan sepakbola hahaha

    Togo bisa karena mayoritas pemainnya berkarir di liga (kompetisi) yang sudah mapan, makanya indonesia harus benahi kompetisi.

    liga yang bagus bakal melahirkan pemain yang bagus juga.

  5. Nyari 11 mungkin ndak susah, yang susah itu bikin 11 orang itu bisa main bola barengan.
    Togo memang hebat, jadi pengen liat goyangannya.
    Salam kenal …

  6. mencari 11 orang di antara 200 juta orang memang jauh lebih susah daripada mencari 11 orang di antara 6,5 juta orang. itu memang masuk akal.

    mungkin untuk memudahkan mencarinya perlu dipersempit ruang pencariannya. kalau yg ada cuman liga indonesia, mungkin memang susah juga nyari 11 orang yg potensial main bola. coba bikin pertandingan liga yg lebih kecil. liga jawa misalnya, atau liga sumatera, dan liga2 lain berdasarkan pulau di indonesia. siapa tahu dengan begitu bisa lebih “hot” kompetisinya.

  7. kalo gitu hitungannya, china bakalan jadi juara piala dunia karena penduduknya yang banyak, amerika jadi runner up karena GDP-nya yang tinggi, rusia jadi juara ketiga karena wilayahnya paling luas.

    dan Indonesia gak masuk piala dunia gara2 kurang menghayati pancasila™

  8. Bukan masalah Kuantitas, tapi lebih pada masalah kualitas dan untuk mencapai kualitas ini lah yang kita sulit :D karena semuanya terlalu pintar *sarkas*

  9. Dan mereka akan berhadapan dengan tim favoritku nanti malam: Korsel. Mudah2an mereka mainnya juga ultra agressive kayak Korsel. Soalnya kemaren2, kecuali Ceko vs Amrik, tim2 unggulan belum memberikan performa terbaik (tsaaaah!). Ngantuk nontonnya.

  10. Btw, Indonesia pernah lho lolos ke Piala Dunia, malah jadi negara pertama dari Asia yang bisa ikut Piala Dunia. Kalau tidak salah tahun 1938, tapi sayangnya langsung dibantai 0-6 ama Hongaria dan pulang kampung.

    Cari aja di Google : dutch.east.indies world.cup

    skuadnya sih :
    DUTCH EAST INDIES
    Mo Heng, Hu Kom, Samuels, Nawir, Meng, Anwar, Hong Dijen, Soedarmadji, Sommers, Pattiwael, Taihuttu.

    Wah… orang keturunan Cina kipernya, ada dua orang Belanda, penyerangnya orang Maluku. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s