Sejuta Mitos itu

“Ratu Kidul juga ngamuk, karena yang pro RUU APP semakin ganas, dan Ratu Kidul ngggak boleh pake kemben lagi,” kata Permadi.

Negeri kita ini penuh dengan mitos. Berbagai fenomena alam yang terjadi di Indonesia selalu diikuti dengan cerita yang berujung pada mitos. Memang, mitos tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan kita. Termasuk ketika terjadi gempa di Yogyakarta dan sekitarnya kemarin.

Ada yang mengatakan bahwa gempa yang meluluhlantakkan Bantul itu adalah pengalihan dari letusan Gunung Merapi yang seharusnya meletus dengan dahsyat namun dialihkan ke Pantai Selatan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa yang mengalihkan adalah pihak keratorn. Walah…

Sementara itu, ada juga mitos yang berkembang di Yogyakarta bahwa untuk menolak bala, semua orang harus mengenakan janur kuning. Daun kelapa muda berwarna kuning itu dipasangkan di kepala atau lengan untuk menghindarkan terjadinya kembali bencana. Mereka bilang, perintah menggunakan janur kuning itu datang dari pihak keraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Namun, saat diwawancarai sebuah televisi, Sri Sultan membantah telah memberi perintah itu. Waduh, opo ra abusrd, ki?

Ada juga yang menghubung-hubungkan kedahsyatan lindu itu dengan hebohnya pembahasan Rancangan Undang-undangan (anti) Pornografi dan Pornoaksi di DPR sini. Bahkan dengan serius seorang anggota DPR yang juga paranormal, Permadi, mengatakan,”Ratu Kidul juga ngamuk, karena yang pro RUU APP semakin ganas, dan Ratu Kidul ngggak boleh pake kemben lagi.”

Waduh, tambah absurd saja, ya. Kalau memang dia tahu seperti itu, mengapa dia tidak memberi peringatan sebelumnya?

Ada-ada saja! Anda percaya mitos seperti itu, nggak?

10 thoughts on “Sejuta Mitos itu

  1. sedih sekali, udah kena musibah bukannya introspeksi, malah mengkaitkan diri dengan hal yg berbau syirik dan khurafat ironis….

  2. Gak percaya.

    OOT om, mau komentar buat itu yang di Googlepages: Triangle of Life itu bukan ‘barang baru’, sudah beredar sejak tahun 2004 dan dinyatakan sebagai ‘crime warning’ sehubungan dengan kredibilitas si Doug Copp.
    Please see at snopes.com.

  3. wah, makasih infonya, Mba Lita. Tapi nggak semua informasi yang ditulis di situ bohong, kok. Mari kita pilah-pilah sendiri mana yang memang benar dan mana yang salah. OK?

  4. Ha..ha..ha.. (ketawa terbahak-bahak)

    hu..hu..hu.. (sedih ada orang spt ini jadi aleg DPR-RI)

    Sepertinya sudah habis pemikirannya untuk menggagalkan RUU APP. Pokoke Klenik dipake sebagai alasan mumpung penduduk di sana masih percaya sama klenik yah ?

    Bukannya kita sadarkan, bahwa bencana itu bisa jadi teguran karena kita melakukan hal yang musyrik seperti klenik yang masih dipegang teguh oleh anggota DPR kita ‘YANG TERHORMAT’ itu.

  5. Saya jadi bingung… mitos itu sebenarnya apa si?
    kalo mitos saya buat sendiri dan orang2 pada percaya
    apa boleh hal seperti itu di bilang mitos?
    kalo boleh..
    saya pengen jadi kucing aja deh..

  6. Mitos Ya? mksd’na mie yg atos(keras).

    walah…1000x !!!
    terang aja nyi ro2 kidul marah karna ga bs pke kemben lagi.

    btw, kyk yg pnah tau nyi ro2 kidul marah aja!

    ga percaya aja ah…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s