Rokok itu

Cara ampuh berhenti merokok: bakar kedua ujung sigaret saat Anda ingin menghisap rokok.

Semua orang sebenarnya sudah menyadari bahaya merokok. Orang-orang dari dunia kesehatan sudah sering kali memperingatkan akan adanya kandungan nikotin dari berbagai zat kimia berbahaya yang terkandung dalam tembakau. Para ahli etika pun sudah menggembar-gemborkan betapa tidak sopannya merokok di tempat umum karena asapnya mengganggu orang lain.

Bahkan, pemda DKI pun menerapkan larangan merokok di berbagai area umum. Tidak mengherankan kiranya jika pemerintah mewajibkan semua bungkus rokok mencantumkan peringatan: Peringatan Pemerintah: merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin

Namun, rokok itu memang ibaratnya buah simalakama juga. Jika semua orang Indonesia berhenti merokok, bisa-bisa negeri ini akan kekurangan pemasukan dari cukai rokok. Pernah ada seorang perokok yang dengan bangganya mengatakan hal itu dan dia juga ingin mencantumkan peringatan di semua bungkus rokok: Peringatan Perokok: Tidak merokok bisa menyebabkan negara bangkrut. Hehehe…

Nah, sekarang kelihatannya kampaye berhenti merokok sudah mulai ada hasilnya. Padahal, menghentikan kebiasaan yang sudah menyandu membutuhkan usaha ekstra keras. Tapi, ada satu tips ampuh jika memang ada yang ingin berhenti merokok secara total.

Bagaimana caranya? Gampang saja: jika Anda merasa ingin merokok, nyalakan saja batang rokoknya. Tapi, jangan cuma satu ujung saja yang dibakar. Bakarlah kedua ujung rokok secara bersamaan. Setelah itu hisaplah. Dijamin, Anda pasti tidak ingin merokok dengan dua ujung menyala, bukan?

Hari ini adalah hari tanpa tembakau sedunia.

Pranala luar:

8 thoughts on “Rokok itu

  1. Pingback: weblog go bZip :: Tembako bermanfaat!! :: May :: 2006

  2. Saya rasa supaya ampuh, pemerintah bikin tempat penukaran bungkus rokok yang masih penuh (belum dibuka) untuk ditukarkan dengan uang sebanyak 2x bandrolnya…pasti banyak yang berhenti merokok, karena uang lebih penting daripada rokok toh…:))

  3. Peringatan Pemerintah: merokok DAPAT menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.
    Merokok BELI kan nggaak……..!!!???
    Itu kata teeman saya lho…

  4. merokok memang berbahaya dan bikin polusi yah, tapi justru bahaya polusi kota yang di sebabkan asap kendaraan yang tiap hari kita nikmati itu lebih bahaya dari pada asap rokok, antisipasi polusi kendaraan ini simple, di mulai dari diri kita sendiri ajah, kita2 yang gak merokok justru penyumbang polusi terbesar lebih dari perokok yang sumbernya dari kendaraan yang kita gunakan. sudah saat nya kita bertanggung jawab

    http://www.b2w-indonesia.or.id

  5. klo menurut g rorok itu teman,terutama disaat kita sendiri,stress,bingung,dan msh byk lgi lain2y.so rokok hany tuk org2 yg mo brpikir kan kehidupany disaat ini atw dimasa yg akn datng,so krn hanya dengan merokok g bisa menyelesaikan masalah sesulit apapun.sugguh ada baiky rokok dapat

  6. iya sih udah banyak bukti rokok sangat berbahaya.. tapi kalah sama yang bikin rokok.. mereka pintar mengomunikasikan kepada konsumen targetnya dengan hal-hal yang menyentuh sisi emosional psikologisnya… jadinya kalah sama kampanye anti rokok..
    salam kenal saya Yusuf Alam Romadhon… kebetulan adalah dokter umum yang juga mengampanyekan anti merokok…

  7. Tambahan untuk tulisan “ROKOK ITU” mengenai kampanye anti rokok :
    2) Jaunkan rokok dari api. Pasti takkan berbahaya lagi, kecuali memang orang sudah nekat (rokoknya dimakan bukan lagi diisap karena tidak ada apinya).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s