Hari Kejepit itu

Logika mengatakan gajian dipercepat gara-gara hari kejepit nasional.

Hari Kamis tanggal 25 Mei 2006 adalah hari Kenaikan Isa Almasih. Semua kantor dan sekolah tutup. Nah, hari Jumatnya tanggal 26 Mei 2006 menjadi hari kejepit nasional. Kantorku memutuskan untuk menjadikannya hari libur cuti bersama. Ada yang senang, ada pula yang tidak senang. Yang tidak senang beralasan bahwa jatah cuti karyawan menjadi berkurang gara-gara “dipaksa” cuti. Ah, bagi saya, “dipaksa” atau tidak menjadi tidak penting. Yang penting adalah hari Kamis dan Jumat menjadi hari libur berturut-turut ke Sabtu dan Minggu. Nyaman sekaleee.

Hey, kenyamanan itu bertambah jika dipertimbangkan lagi satu hal: hari gajian pun dipercepat. Kalau nggak salah ada “peraturan” yang menyebutkan bahwa pembayaran gaji akan dilakukan pada tanggal 27 setiap bulan.

Nah, karena tanggal 27 bulan ini jatuh di hari Minggu, maka itu artinya gaji dibayarkan pada 26 Mei. Tapi, bunyi “peraturan” itu tidak berhenti sampai di situ. Jika tanggal 26 jatuh pada hari Minggu atau libur nasional, maka pembayaran gaji akan dipercepat ke tanggal 25. Asyik, khan?

Nah, karena tanggal 25 adalah hari liburan nasional RESMI, maka artinya adalah bahwa pembayaran gaji juga dipercepat, bukan? Berarti hari ini gajian, dong? Saya nggak ngomong begitu. Logikayang mengatakan begitu.

Makan-makan, dong?

8 thoughts on “Hari Kejepit itu

  1. Jumat jadi hari kejepit kalo hari Sabtu kantor libur. Tapi kan masih banyak kantor yg tetep buka di hari Sabtu. Kalo begini yg kejepit jadinya dua, ya?

  2. hieheiehie…baru saja tadi malem kalo dapet kabar, gaji sudah turun. Kaget. Ternyata begitu tho “aturannya”… :-)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s