Wedhul Gembes itu

Suhu wedhus gembel 1000 derajat celcius. Gimana ngukurnya?

Lagi-lagi tentang Gunung Merapi. Kali ini adalah tentang wedhus gembel. Bukan kambing berbulu lebat yang hidup di seputar Gunung Merapi itu. Wedhus Gembel adalah sebutan yang diberikan oleh masyarakat awam untuk awan panas yang keluar dari kawah gunung berapi itu. Awan panas ini yang bergulung-gulung ini persis seperti bulu kambing domba. Oleh karena itu mereka menyebutnya sebagai wedhus gembel. Apakah ini semacam kearifan lokal juga, paman?

Menurut informasi yang didapat dari TEMPO Interaktif, awan panas atau wedhus gembel ini suhunya mencapai 1000 derajat celcius. Itu artinya 10 kali lipat dari suhu air mendidih yang bisa untuk menyeduh kopi panas. Panas sekali, bukan?

Nah, ada pertanyaan simple yang diajukan seorang rekan kerja tentang suhu wedhus gembel itu.

“Eh, gimana ya cara para ahli itu mengukur suhu wedhus gembel? Apa mereka naik ke atas sambil membawa termometer untuk mengukur suhu itu?” tanyanya lugu.

Aku diam karena memang tidak tahu caranya. Maklumlah, bukan anak IPA! Pertanyaan model anak kecil ini terkesan lugu, tapi kalau jawabannya ngawur juga bikin si penjawab ketahuan begonya, bukan?

Ada yang tahu bagaimana cara mengukur suhu wedhus gembel? Bikin pecas ndahe saja nih si wedhul gembes.

8 thoughts on “Wedhul Gembes itu

  1. Awan panas adalah uap yg keluar bersamaan dengan keluarnya lava. Suhu uap ini biasanya tidak jauh2 dari suhu lava yang keluar. Suhu lava sendiri bisa diukur dengan menggunakan termometer, dan nilainya sekitar 750 sampai 1250 derajat Celcius.

    Dari hubungan ini kita bisa memperkirakan suhu uap tersebut tanpa harus mengukurnya. Selain itu, dari dampak yg diakibatkan oleh uap panas itu, kita juga bisa tahu bahwa wedhus gembel itu memang panas.

  2. Sudah banyak alat ukur yang bisa melakukan pengukuran dengan Infrared beam. Saya kalo mau mengukur processor pakai ini. Juga bisa dilakukan pengukuran dari efek uap panas itu. Misalkan ada suatu bahan yg diketahui akan melting pada suhu X. Ketika awan panas lewat dan bahan itu melting, berarti paling tidak awannya bersuhu X bukan?

  3. kalo 10 kali lipat dari suhu air mendidih berati bisa nyeduh 10 gelas kopi ya? heheheh …. maklum gw sebenarnya anak IPA .. tapi bolot ….

  4. Kemajuan teknologi telah memungkinkan dilakukannya pengukuran suatu besaran daiantaranya suhu dengan sistem telemetri. Untuk mengukur suhu bisa menggunakan termokopel yang dihubungkan secara elektrik ataupun gelombang mikro ke sistem pengolahan untuk kemudian dapat dilihat hasilnya. Hal sama sudah banyak diterapkan di berbagai industri, termasuk pada reaktor nuklir…..
    Di jaman Belanda dulu, adalah Pak Lurah Safingi dari Juwono yang secara rutin mengecek suhu kawah Merapi dengan keluar masuk kawah secara rutin seminggu sekali.

  5. Ya Pakai ehm…. ehm.. apa yaa? eh pakai meteran aja kalau pakai meteran caranya begini. ukur dulu sampai berapa meter kalau ada 100 meter jaraknya dari kawah ke gunung, berarti suhunya 100 derajat celcius, kalu dari kaliurang ada 1000 meter berarti 1000 derajat celcius, kalau dari surabaya 1000 km berarti…? ah tau lah

  6. Pingback: Norton Ghost

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s