Perambah Bernama Maxthon itu

Maxthon muncul, IE dan Firefox tambah keren. Kita untung, kok.

Diam-diam ternyata ada mesin perambah baru yang namanya Maxthon. Mesin dibangun menggunakan kode IE. Mungkin seperti dulu kita pernah mengenal NeoPlanet, kali, ya.

Menurut sang empunya Maxthon, mesin ini sudah digunakan oleh lebih dari 55 juta pemakai. Jumlah itu bertambah jutaan orang setiap bulannya. Padahal Maxthon belum dirilis secara resmi, lho. Mereka baru akan melepasnya dalam minggu-minggu ini. Pembuat mesin perambah ini bilang bahwa Maxthon adalah sebuah mesin yang canggih. Mereka sedang mempersiapkan versi 2 yang akan berfitur keren, seperti antarmuka yang bersih, layout yang bisa dikostomisasi, multitab, pembaca RSS dan lain-lain.

Mengapa browser baru muncul? Sebelumnya kita dengar Flock yang berbasiskan kode dari Mozilla telah diluncurkan. Gaungnya sudah menurun beberapa bulan ini. Sementara itu dua pemain besar mesin perambah, IE dan FireFox, pun selalu mengupdate aplikasi mereka. Padahal semua browser itu dilepas gratis, tidak ada harganya. Jadi, apa yang mendorong orang untuk membuat mesin perambah yang gratis itu? Uang tentu saja!

Mozilla, misalnya, konon membukukan pendapatan 72 juta dollar tahun lalu. Dari mana uang itu berasal? Salah satunya adalah dari iklan Google yang diakses banyak orang ketika mereka melakukan pencarian lewat field yang ada di Firefox. Ketika hasil pencarian muncul, dan orang mengklik iklan yang ada di sana, maka Firefox mendapatkan bagiannya dari Google. Kelihatannya sederhana, namun demikianlah kenyataannya. Padahal Firefo tidak hanya menyediakan pencarian untuk Google. Mereka juga punya Amazon sebagai partner. Inilah pundi-pundi yang menghasilkan dollar bagi Mozilla.

Nah, pundi-pundi seperti itulah yang tampaknya sekarang menjadi rebutan Firefox, Flock, Maxthon dan mesin perambah yang lain.

Siapa yang menang? Nggak tahu, karena perjalanan masih panjang. IE masih mendominasi, Firefox tetap membayangi. Pemain baru selalu ada di belakang untuk menanti. Siapa yang diuntungkan? Tentu saja adalah kita sebagai konsumen. Biarkan mereka berkompetisi untuk membuat produk yang canggih. Kita tinggal menikmatinya saja.

One thought on “Perambah Bernama Maxthon itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s