Endonesah atau English?

Endonesah atau English? Ini blog saya, kok.

Pagi-pagi ini ada yang kirim pesan secara khusus ke email korporat saya. Dia menanyakan mengapa weblog ini sekarang berubah menggunakan bahasa Indonesia, bukan Inggris seperti sebelumnya. Email itu belum saya jawab. Saya yakin sang pengirim email itu nantinya juga akan membaca weblog ini kembali.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan perubahan ini. Baik bahasa Inggris yang digunakan dulu ataupun bahasa Indonesia yang digunakan sekarang adalah sama-sama piranti penyampai pesan. Tidak lebih dan tidak kurang.

Dulu, sebenarnya saya iseng-iseng ingin mencoba keampuhan Google Adsense untuk menangguk rejeki. Dan saya sudah membuktikannya bahwa memang baris-baris iklan dari Google itu bisa memberikan rupiah, eh maaf, dollar. Untuk melaksanakan eksperimen sederhana itu, saya mencoba mengirimkan lema dalam bahasa Inggris, bahasa yang dipilih oleh banyak pemasang iklan untuk mendapatkan kata kunci atawa keywords. Itu saja alasannya. Tidak lebih dan tidak kurang.

Lalu, mengapa sekarang saya beralih menggunakan bahasa Indonesia? Eksperimen itu sudah selesai sekarang, tidak perlu lagi diperpanjang di weblog ini. Saya alihkan ke tempat lain saja. Jalansutera.com yang sedang Anda baca sekarang tidak akan pernah lagi memasang iklan milik pihak ketiga. Tempat ini sekarang adalah arena bersenang-senang.

Kalau ada pertanyaan berapa yang saya dapat dari Adsense, maka saya akan menjawab: “Rahasia perusahaan, bos!”

6 thoughts on “Endonesah atau English?

  1. Karena ini blog pribadi, ya gak masalah dan terserah pemiliknya mau pake bhs Indonesia atau bhs lain. Meskipun demikian, saya senang dan ikut mendukung keputusan ini.

    Selamat!! :)

  2. bwahahaha……
    aku sebenernya juga bingung kemaren.

    pas liat gag ada iklan lagi… hihihi

    selamat! jadi gag tergantung iklan lagi sekarang..

  3. sudah sejak dulu gw tebak itulah alasan dibalik pemakaian bahasa Inggris… ternyata benar.. he he he

    terus terang gw malas baca blog yg ditulis utk mengejar iklan semata…

    selamat kembali ke ‘jalan sutera yang benar’… :)

Leave a Reply

