Anak Badung

Anak badung cari jati diri.

Foto ini saya ambil ketika liburan ke daerah lereng Gunung Slamet di Kabupaten Purbalingga pada akhir tahun lalu. Lokasinya di jalan dari arah Goa Lawa ke Kecamatan Bobotsari, lebih dari 20 kilomter di utara kota Kabupaten Purbalingga. Waktunya siang hari yang cukup terik, untunglah hawa di daerah ini sangat sejuk. Jalanan sangat halus, lalu lintas juga sepi, tidak ramai seperti di Jakarta.

Sebenarnya angkutan di daerah ini tidak sedikit jumlahnya. Untuk sekadar mengangkut anak-anak SMP itu, puluhan mobil lalu lalang tiap jamnya. Lagi pula, jarak yang ditempuh anak-anak ini pun tidak begitu jauh. Paling-paling hanya dua sampai tiga kilometer saja. Hanya butuh waktu maksimal 15 menit saja anak-anak itu naik angkutan umum. Ya, tapi mengapa mereka naik ke atap?

Ternyata di atas atap itu mereka berteriak-teriak ke teman-temannya yang masih ada di halaman sekolah atau di pinggir jalan. Entah apa yang diteriakkan, nggak jelas. Ada yang berdiri ketika kendaraan belum melaju. Ada juga yang uncang-uncang kaki dengan santai. ABG-ABG ini tampaknya bangga sekali bisa menantang bahaya dengan nangkring di atap angkudes alias angkutan pedesaan. Sesekali mereka juga terlihat dorong-dorongan dengan teman-temannya di atap mobil mini itu, tak menghiraukan bahaya. Dulu, ketika masih remaja, ada yang seperti mereka juga, khan?

Itulah remaja di sebuah kota kecil. Kenakalan mereka tidak berbeda dengan kenakalan teman-temannya di Jakarta. Hanya kadarnya saja yang berbeda.

8 thoughts on “Anak Badung

  1. gw sebagai arek purbalingga jadi malu nich,masa kayak gambar gitu dimasukin di internet sich?emang ga ada yang laen.bukanya gw marah,ya gimanalah baeknya,gitu.THANKS….?FROM”JUN ARIEL”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s