Tanstaafl

waffle

Hey, what is Tanstaafl? For you who do not know what is Tanstaafl, I will explain it. Tanstaafl is a batter cake cooked between two hot plates which has a distinctive gridlike appearance, the result of raised partitions on the waffle iron. It is very delicious. I like it very much.

No.. no… I am kidding.

TANSTAAFL is an acronym of “There Ain’t No Such Thing As A Free Lunch“. Yes, nothing’s free in this world. You cannot get something for nothing. Even if something appears to be free, there is always a catch. A service from BlogSome.com, for example. Blogsome proclaimed as “a free web hosting site for blogs”. But, if you register a subdomain for a blog, your page has a built-in ads from Google’s AdSense and you have to provide your email address to use this service. The revenue from the advertisement goes to BlogSome, not you. There Ain’t No Such Thing As A Free Lunch, right?

And do you notice that spams bombarder your inbox after you subscribe to an email newsletter? That is also a prove of Tanstaafl. Beware!

9 thoughts on “Tanstaafl

  1. kayaknya ada yg aneh deh dr kepanjangan abbreviation di atas. “There Ain’t No Such Thing As A Free Lunch”. bukankah seharusnya : “there ain’t such thing as a free lunch” atau “there is no such thing as a free lunch”? aneh aja kalo “ain’t” digabung dg “no”, bukannya 2 kata negatif kalau digabung akan menghasilkan kata positif. maaf kalau ternyata saya salah. btw, i like your blog. easy to read but lots of information :)

  2. Hai Liv,

    Terima kasih sudah berkunjung ke weblog ini. Terima kasih juga atas masukan yang telah Anda berikan kepada saya menyangkut kepanjangan kata “Tanstaafl”. Mungkin saya salah, tapi saya mendapatkan kepanjangan kata itu adalah “There Ain’t No Such Thing As A Free Lunch” dari Google. Kemungkinan saya salah karena bahasa Inggris saya yang tidak bagus. Jika Anda punya referensi lain, silakan. Saya tetap pada pendirian saya. Thanks.

  3. Selamat pagi.

    Ini kunjugan saya yg pertama di blog Anda. Saya rasa contoh yang Anda tulis kurang tepat untuk menggambarkan peribahasa tersebut. Saya yakin jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, artinya adalah “tidak ada satu pun yang gratis”. Dalam pengertian: Anda tidak perlu membayar sesen pun atau menukar jasa tersebut dengan hal lain. Dalam contoh yg Anda gunakan, Anda menempatkan diri pada posisi konsumen yang memanfaatkan jasa dari BlogSome.com yang mendaftar jadi anggota secara gratis. Jika kemudian muncul iklan Google scr otomatis, yang tentu saja bekerjasama dgn pihak BlogSome.com, bukan berarti Anda “membayar” atau “menukar dengan sesuatu” jasa yang Anda nikmati dari BlogSome.com. Anda tetap mendapatkan jasa tersebut secara gratis! Mari coba kita analogikan BlogSome.com sebuah majalah, katakanlah TEMPE. Tentu ada pihak manajemen TEMPE harus mencari pemasukan untuk menutup biaya produksi. Manajemen TEMPE lalu bekerjasama dengan pihak Google. Iklan dimuat dlm majalah, dan Google membayar biaya pemasangan iklan. Dalam 3 bulan pertama, majalah TEMPE dibagikan secara gratis bagi yang berminat. Anda salah satu yang berminat, Anda ambil majalahnya dan Anda bawa ke kantor/pulang. Saat Anda buka, Anda baca artikelnya lalu Anda lihat ada iklan Google. Apakah iklan tsb membuat Anda berpikir bahwa majalah TEMPE tidak lagi gratis buat Anda?

    Sekali lagi, saya hanya ingin menyampaikan bhw (menurut saya) contoh yang Anda terapkan kurang tepat.

    Terimakasih.

  4. Salam,

    Terima kasih sudah datang dan berkomentar. Maaf, saya berbeda pendapat dengan Anda. Saya berpendapat bahwa jika memang mereka mengatakan FREE, ya memang harus FREE 100% tanpa ada kewajiban apapun dari pengguna. Kalau masih harus melihat iklan dan sejenisnya, saya menganggap itu tidak gratis lagi. Belum lagi kalau kita harus memberikan sesuatu (misalnya alamat email). Kita harus hati-hati karena kita tidak tahu digunakan untuk apa email itu nantinya. Jika alamat email itu untuk spam, pasti itu kerugian kita juga, khan?
    Maaf, saya tetap pada pendirian saya dan tetap berbeda pendapat.

  5. Betul, saya pernah menggunakan Blogsome dan termasuk yang tidak setuju dengan adsense yang ada disitu. Pembandingnya.. kalau kita pake blog di wordpress.com tidak ada satupun iklan disitu. Itu baru yang namanya gratis :)

  6. maaf mas, saya org baru dalam dunia nge-blog. mas cukup keukeuh dengan pendirian tapi saya setuju dengan pendapat mas kalo gratisan 100% nggak ada di dunia ini, termasuk seorang bapak yang ngasi permen ke anaknya pasti sang bapak ada maunya. Juga kalo ngasi duit ke pengemis karena kita pingin pengemisnya cepat pergi… btw salam knal, saya nemu blog jalansutera lewat blogexplosion, epektif juga ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s