Pensiun Dini dengan Adsense

(recovered from Google cache) Ketika saya menuliskan pertanyaan tentang berapa dollar yang para weblogger raih dari aktivitas nge-blog, ternyata ada satu komentar yang menarik. Komentar itu datangnya dari Irish diantara beberapa komentar yang lain. Jangan-jangan nanti ada yang komentar: tuh, bisa jadi kaya di internet tanpa Anne Ahira. (Hi, Anne!™)

Lebih lengkapnya, komentar dia begini (edited for easy reading):

Technorati Tags: Adsense, Google, Ad, Weblog

Nggak heran kalau http://www.bloggingpro.com cuma dapat US$150/bulan. Penempatan adsense-nya nggak begitu terkamuflase dengan sempurna. Saya mempunyai hampir 15-an blogs gratisan di blogspot.com, blogs.net, indiatalking dan tblog (yang saya pasangi adsense cuma yg di blogspot.com, karena cuma itu yang bisa dipasang adsense–setahu saya). Selain blogs tersebut saya punya satu site non gratis (hosting Rp 75 rb/bulan). Dari semuanya (site+blogs) sampai saat ini saya bisa dapatkan hampir US$ +- 2200 dari Adsense (saya pasang andsense mulai Desember 2004). Bahkan bulan April kemarin saya dapat US$ 563.
Kira2 seingat saya ini summary per bulan:

Nov 30, 2004 Earnings $6.42
Dec 31, 2004 Earnings $30.89
Jan 31, 2005 Earnings $89.66
Feb 28, 2005 Earnings $168.36
Mar 31, 2005 Earnings $563.14
Apr 30, 2005 Earnings $507.69

Kalau dilihat jumlahnya, bagus juga, ya.. Dengan kurs Rp. 9.000 per dollar, berarti teman kita ini memperoleh Rp. 4.500.000 pada bulan April lalu.

Lebih lanjut kawan kita ini memberi saran lewat komentar itu:

Yang mau pake google adsense: hati-hati berdasarkan pengalaman saya pencairan check ke bank syarat minimal:
1. Telah mempunyai account di bank yang bersangkutan (sesuai dengan nama yang tertera di adsense check) selama 1 tahun (untuk Lippo) dan 6 bulan (untuk bank Niaga).
2. Minimum pencairan adalah US$ 500 untuk Lippo dan US$ 100 untuk Bank Niaga (Hold your account if your payment is less than US$ 500 for Lippo !!!)
3. Biaya Pencairan : +- US $10 (bayar ke bank yang bersangkutan) dan +-US $40 (bayar ke bank luar negeri, dipotong dari check)
4. Lama Pencairan : 2 minggu sampe 2 bulan.
5. Kiriman check sampai ke Indonesia 3 minggu – 5 minggu, please komplain untuk reissue check ke google jika check belum datang setelah 5 minggu terkirim.

Dan percaya nggak?
Saya berencana pensiun dini dari kerjaan saya di kantor untuk bekerja di rumah, mendapatkan penghasilan dari google adsense. Karena saya yakin, saya bisa dapat minimum US$ 50/day jika bener2 all in di website..

Buat temen-teman yg mau berbagi silakan

Nah, ada komentar tentang hal ini? Silakan. Saya sendiri belum tertarik untuk bergabung dengan Adsense.

25 Responses to “Pensiun Dini dengan Adsense”

1.
Ben Says:
June 30th, 2005 at 2:06 pm
Visit Ben

mudah-mudahan tdk dengan cara curang :)
2.
didats Says:
June 30th, 2005 at 3:26 pm
Visit didats

hahaha
coba baca ini dari dulu
sekarang udah dihapus keanggotaannya…… :D
3.
irish Says:
July 1st, 2005 at 6:01 am
Visit irish

Sebisa mungkin saya selalu mematuhi TOS dari google Adsense
4.
Azil Adi Permana Ph.D Says:
July 1st, 2005 at 8:04 am
Visit Azil Adi Permana Ph.D

*pasang adsense ah…*
5.
Deny Says:
July 1st, 2005 at 9:42 am
Visit Deny

menarik juga nih..
belom pernah pegang dollar..:)
6.
Arya Says:
July 1st, 2005 at 12:15 pm
Visit Arya

apa sih adsense?
7.
Imponk Says:
July 1st, 2005 at 1:05 pm
Visit Imponk

terus terang “tawaran” ini menggiurkan. tadi malem, udah aku “konsultasikan” ke seseorang. katanya kurang realistis dengan “bisnis benner” bisa pensiun dini. hahaha… pensiun dini itu kan jargonnya kiyosaki, yang notabene banyak semprulnya [walau tidak 100% salah]. “kalau pengen cepet kaya ya dagang,” katanya. sebuah kerja yang realistis dengan hasil yang —kalau tidak merugi— realistis juga.
8.
irish Says:
July 2nd, 2005 at 9:13 am
Visit irish

Ya, ini juga dagang .. njualin dagangan orang lain.
9.
irish Says:
July 2nd, 2005 at 9:39 am
Visit irish

Arya:

apa sih adsense?

Google Adsense adalah salah satu affiliate program (dari sisi publisher) dari http://www.google.com. Google sebagai salah satu search engine terbesar, membuat suatu ‘iklan’ untuk website yang atas permintaan website (google Adwords) menginginkan, dengan bayaran tertentu. Karena jumlah web page dari google terbatas, maka google menawarkan iklan-iklan tersebut (yang berwujud banner atau text) kepada website-website lain dengan kompensasi bahwa setiap visitor meng-click iklan akan dibayar oleh google dengan besaran nilai tertentu yang tergantung CPM (Cost Per Mile impression) iklan tersebut.
10.
jalansutera Says:
July 4th, 2005 at 8:12 am
Visit jalansutera

ayo, siapa yang mau ikutan?
11.
enda Says:
July 5th, 2005 at 11:28 am
Visit enda

hi irish kalo boleh tau blog kamu yang dipasangin adsense itu ttg apa topiknya dan penghasilan diatas itu dari berapa blog jumlahnya.

thx.
12.
jalansutera Says:
July 5th, 2005 at 12:53 pm
Visit jalansutera

Hi Irish…

Saya juga ingin tahu, seperti apa sih blogger yang Anda bikin itu? Bisa nggak Anda beri kami daftar blog yang Anda bikin. Biar kami juga bisa belajar untuk pensiun dini juga. Capek kerja nih…. :)
13.
Jay Says:
July 5th, 2005 at 1:52 pm
Visit Jay

hehe, saya iseng pake adsense di blog
dan hasilnya iklannya selalu bahasa Indonesia (kalo nggak ya iklan layanan masyarakat)

jadinya clickrate-nya kecil
14.
irish Says:
July 5th, 2005 at 6:18 pm
Visit irish

Bung enda, dan yg lainnya, sebetulnya blog2 yang saya bikin awalnya sebagai ‘entry’ saja untuk masuk ke site2 saya yang non gratis. Untuk blog2 memang earning per harinya gak begitu besar.
Untuk menyebut Earning per channel (dalam hal ini per blog), saya gak bisa karena itu menyalahi TOS google adsense (saya hanya bisa nyebutin dalam satu account google adsense yg terdiri dari beberapa channel, termasuk saya juga gak bisa nyebutin berapa click trough rate-nya atau cost per mile-nya).
Beberapa blogs sudah saya sebutin di nama saya (visit irish), beberapa blogs lagi akan saya sebutkan kemudian di posting saya berikutnya.
Cuman, masih ada beberapa blogs yang masih dalam tahap ‘persiapan’, jadi belum ada adsense-nya.
Saya kemarin lupa menyebutkan, bhw ada 2 situs non gratis milik orang lain yang saya pasang adsense juga sebagai ganti ongkos maintenance, ini situsnya : wooden fine furniture dan wooden indoor & outdoor furniture
15.
enda Says:
July 6th, 2005 at 3:38 pm
Visit enda

thanks irish jawabannya, yep emang menurut TOS ga boleh disebut penghasilan, tapi kalo kira2x boleh kali ya? :)

blog saya kira-kira dapat sekitar sepuluh yu-es-di perbulan.
16.
irish Says:
July 6th, 2005 at 7:34 pm
Visit irish

Bung Enda, Jay, Imponk dll saya liat blogs2 anda sangat bagus, berkualitas dan terorganisir dengan rapi. Sangat mungkin sekali anda mendapatkan lebih dari sepuluh yu es per bulan (sepuluh yu es perHARI adalah rasional !!).
Bandingkan dengan blogs2 saya yang asal-asalan, gak ter maintenance dengan rapi, bahasa inggris juga acak2 an.
Website, atau blogs yang terkenal, bagi saya adalah investasi masa depan. Saya (masih dlm tahap mimpi nih) punya obsesi bikin website (yg apapun topiknya) terkenal hingga suatu saat web2 lain berbondong2 pengen di link oleh web tsb..
Mimpi kali yee … NGGAKK ! BUKAN MIMPI !
17.
Priyadi Says:
July 9th, 2005 at 2:36 am
Visit Priyadi

hmmmmmm, lihat di link-linknya irish kok kelihatannya irish sedang ‘ngabuse’ google ya…
18.
irish Says:
July 11th, 2005 at 9:06 pm
Visit irish

Hmm..
Maksud Priyadi link2 yang dimana ya?
19.
irish Says:
July 11th, 2005 at 9:54 pm
Visit irish

Sorry, mungkin saya perlu menyebut ‘mas’ atau ‘bung’ pada (mas) Priyadi.. kelupaan. Nyuwun sewu
20.
prasetyo Says:
July 13th, 2005 at 11:51 am
Visit prasetyo

Wah..menarak juga nih dapet dollar dari google.

boleh dong liat contoh check (scanner-an nya) dari google?! :-)
21.
irish Says:
July 13th, 2005 at 8:30 pm
Visit irish

Sayangnya, saya nggak sempat ngambil gambar check yang saya cairkan saat ini (total US$ 676 dlm satu check). Soalnya saya nggak punya scanner, dan kebetulan kamera digitalnya sedang dipinjem (yang minjem yang punya :) ). Tapi saya punya foto amplop check pertama saya (yang gak bisa dicairkan karena kurang dari US$ 500).
Coba liat di sini dan di sini. Sambil baca-baca Meteor yaa? Yang beredar luas di Jawa Tengah dan DIY :)
22.
irish Says:
July 13th, 2005 at 8:33 pm
Visit irish

Lho saya posting kok gak masuk ya?
23.
irish Says:
July 13th, 2005 at 8:36 pm
Visit irish

Sayangnya saya gak punya photo/scan check yang saya cairkan saat ini. Saya cuma punya photo amplop check saya yang pertama, liat di : http://www.bloggerphoto.com/is.php?i=1105&img=adsense.jpg dan di http://www.bloggerphoto.com/is.php?i=1104&img=adsense1.jpg , liat yaa? Sambil baca-baca Meteor, yang beredar luas di DIY dan Jawa Tengah :)
24.
irish Says:
July 13th, 2005 at 8:39 pm
Visit irish

Sayangnya saya gak punya photo/scan check yang saya cairkan saat ini. Saya cuma punya photo amplop check saya yang pertama, liat di : bloggerphoto.com/is.php?i=1105&img=adsense.jpg dan di bloggerphoto.com/is.php?i=1104&img=adsense1.jpg , liat yaa? Sambil baca-baca Meteor, yang beredar luas di DIY dan Jawa Tengah :)
25.
irish Says:
July 13th, 2005 at 8:41 pm
Visit irish

Kok kalo pake http postingnya gak bisa masuk mas?

35 thoughts on “Pensiun Dini dengan Adsense

  1. mo tanya dikit ttg adsense, klo konteks dari halaman apa berpengaruh ke adsense yang tampil ? soalnya isi webnya nih relatif terhadap tugas yang di berikan, hehe .. maklum bang, masih mahasiswa. salam kenal, sheva

  2. Saya setuju dg menggunakan adsense sbg salah satu cara buat pensiun dini. saya pun saat ini juga sudah mengimplementasikan dan sedang berusaha mengoptimalkan pendpatan adsense saya. Hari ini lumayan dapet $5an…

    Yg perlu diperhatikan ketika kita dah bergabung dgn adsense adalah gimana meningkatkan click thru rate kita. Jadi dptin earningnya ga segampang yg kita kira. Ngeblog kalo rajin akan dptin byk pengunjung yg memungkinkan utk dpt click rate yg tinggi. Selain itu content juga berpengaruh dg pendapatan. Bila keywords content anda termasuk yg mahal di google bukan ga mungkin dptin $30 per click..believe me..

    Ada berbagai teknik utk dptin click thru yg tinggi, salah satunya seperti yg diposting diatas. Selain teknik diatas saya juga berbagai macam teknik yg lain seperti tulis article webpages dan juga pake swap click program (program ini bisa dianggap cheating tp dg program yg tepat peraturanya maka masih bisa sah2 aja menurut aturan google, tapi harus dijaga clicknya jgn terlalu banyak)

    Demikian comment saya.

    Heri

  3. Cara untuk mendapatkan penghasilan apapun dari internet termasuk dari adsense adalah menguasai cara untuk mencari niche market dan search engines optimization.
    Jika anda belum bisa membuat situs sendiri, tentu peluang anda kecil dan juga anda perlu mempelajari marketing lewat search engines dan mempunyai software untuk mencari niche keywords dan metode untuk mendapatkan top ranking di google, yahoo dan msn.
    Bagi pemula, sebaiknya anda mempelajari dulu cara membuat situs dan cara mendapatkan top ranking, itu saja.
    Jangan terpaut dengan penghasilan. Semua itu akan mengikuti kemampuan dan ketrampilan anda yang tersebut di atas. Percaya saya.

  4. Inti dari niche market: Banyak yang mencari tapi sedikit kompetitor.
    Top ranking: Usahakan melakukan tukar link dengan situs sebanyak mungkin, terbaik adalah usahakan dengan situs yang mempunyai PR3 keatas. Link anchor-nya pakai niche keywords yang telah anda tetapkan.
    Bikin situs yang banyak content/isi: articles dan oubound link yang sesuai dengan niche keywords anda tersebut.
    Bikin situs dengan nama domain sesuai dengan niche keywords anda tersebut.
    Untuk link exchange bisa pakai seoelite.
    Untuk mencari niche keywords, bisa pakai: keywords analyzer. Untuk membuat niche site, bisa pakai: directorygenerator atau nicheportalbuilder.
    Jika anda serius ingin mendapatkan penghasilan dari adsense, maka anda perlu serius untuk mempersiapkan situs anda.
    Selamat menikmati tip jitu dan termutakhir mengenai adsense.
    Peringatan: Jangan sekali-kali meng-klik iklan adsense di situs anda sendiri. Jika anda melakukannya, maka account adsense anda akan dihapus dari google selama-lamanya. Dan penghasilan anda anda untuk bulan tersebut atau bulan kemarin yang belum mencapai $100, akan di kembalikan ke publisher alias tidak dikasihkan ke anda, sayangkan…

  5. Ini sepertinya lebih Jelas dan tidak fiktif dibanding yg lain yg pernah saya tahu (Anda semua pasti tau yg saya maksud, hua ha ha…)

  6. Saya mau ikutan pasang adsense tapi blog saya belum bisa dikenal oleh search engine katanya blog harus didaftar di blog directory saya udah coba lewat technorati.com tapi tetap aja waktu saya search kewat google.com nggak ketemu

    Thanks

  7. Wah ternyata, udah direcover dari cache ya .. terakhir saya berkunjung katanya habis kena musibah, databasenya crash..
    Iseng2 searching di yahoo >> http://search.yahoo.com/search?p=pengalaman+google+adsense&ei=UTF-8&fr=FP-tab-web-t&x=wrt , eh kok nemu ini ..
    Ayo temen2 kalo mo berbagi tips/tricks silakan ke http://www.adsense-id.com , disana banyak temen mulai dari pemula sampai pemual (yang bikin kita nggak enak makan karena ‘gaji’ perbulannya tinggi buanget :) .. justajoke!! ).
    Ngomong2 soal gaji perbulan dr adsense …sekarang rata2 per bulan udah 3x ‘gaji’ april 2005 lhoo..
    Go Go Google Adsense

  8. Saya beberapa kali apply ke goggle adsense tapi selalu ditolak dengan alasan language not support dan lain sebagainya,

    Apa aja sih syarat-syaratnya, tolong siapa yang mau beri penjelasan

  9. Tolong beri penjelasan dan petunjuk step by step tentang Adsense … saya pernah daftar tapi jawabannya language not support dll…

    bisa anda bantu saya???

    thanks
    Mas Rub

  10. tumpang tanya ya. saya tertarik dengan adsense ini, saya mahu tanya satu soalan harap boleh bantu saya ya.
    bolehkah kalau kita pasang adsense pada lebih dari satu blog? dalam satu nama iaitu nama kita.

  11. Bisa jelaskan ke email saya maksudnya adsense itu apa?? Iklan??
    Apa harus blog??
    Cara daftar dan peraturannya??
    Thanks

  12. PEMBERITAHUAN

    Buruan kalau mau ikut google-adsense, karena diperkirakan tahun 2010 program ini akan berhenti.
    MENGAPA..?
    Karena para pengiklan mulai berkurang, dikarenakan terlalu banyaknya rakyat Indonesia, India dan China (yang jumlahnya terbanyak di dunia) pada ramai-ramai cari uang di google-adsense.
    Semua pada klik-klikan iklan tapi tidak ada penghasilan bagi pemasang iklannya, karena iklannya cuma diklik doang tanpa ada yang berminat membeli produk dalam iklan itu.
    Mengapa google membuka kesempatan ini?
    Sederhana saja… karena pihak google ingin menampilkan seolah-olah memasang iklan di google betul-betul bekerja bagi para pemasang iklan. Google sendiri tidak ingin curang dengan mengklik iklannya sendiri. Jadi google butuh bantuan anda untuk segera menghabiskan dana iklan dari pemasangnya dengan membagi hasil uang dari klik-klik tersebut dengan anda.
    Itulah google jadi semangat sekali dengan China, India dan Indonesia, sebab penduduknya banyak sekali.

    Bagi anda pesang iklan di google.com, hati-hati sajalah. Iklan anda belum tentu memberikan hasil maksimal. Padahal uangnya gede banget tuh.

    Terima kasih.

  13. Tlg sy diksh jln kluar donk. Cara implementasi adsense code. Html sudah sy blok dan sdh click copy. Tapi ketika mau nempel diblog (situs) sy, paste-nya g nyala. Tolongin donk. Kalo bisa ke email sy.

  14. hi..my irish. bagaimana cara saya contact Anda? Apakah Anda punya email atau sejenisnya yang bisa dihubungi. Saya tertarik ttg adsense ini. Saya sudah punya blog dan adsense sudah menyetujuinya. Thanks

  15. saya baru punya account adsense,ajarin cara copy kode dan penerapan konten penelusuran dong,oia emang ga bisa pencairan ke bank kalo kita bukan nasabah bank tsb?masa selama itu waktu pencairan cek dari google?kasih contoh dong gambaran misalkan kita telah terima cek misal $100,kira2 uang yang di trima brapah setelah kena segala potongan2,tlong jwaban nya yach kirim ke imel saya,terima kasih

Leave a Reply

